Ternyata Begini : Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Ditemukan

Sumber : Dokumentasi Google

MALANG-NEWS.COM – Menurut UU no.22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan atau APILL ( Alat pemberi isyarat lalu lintas ) adalah suatu benda yang mengendalikan arus yang terpasang di persimpangan jalan.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya alat ini sangat berguna dan membantu sebagai tanda kapan kendaraan Harus berjalan maupun berhenti dari berbagai arah secara bergantian.

Kebanyakan orang mengetahui secara pasti alat isyarat seperti ini , tanpa mengetahui Asal usul lampu lalu lintas atau yang di kenal Traffic Light.

Penemu Lampu lalu lintas adalah ” Lester Farnsworth Wire ” penemuan ini di awali ketia ia melihat tabrakan antara mobil dan kereta kuda.

Dari kejadian tersebut munculah suatu pemikiran bagaimana menemukan alat pengatur lalu lintas yang aman dan efektif.

Sumber : Dokumen Google

Sistem pengaturan lalu lintas kala itu sebenarnya sudah di temukan dengan mengunakan sinyal stop dan go yang pernah di gunakan di London pada 1863.

Namun sinyal stop dan go memiliki titik kelemahan , dimana tidak adanya interval waktu bagi penguna jalan sehingga kerap terjadi kecelakaan.

Morgan adalah salah satu orang yang memberikan suatu kontribusi yang cukup besar dalam pengaturan alat isyarat yang hingga kini yang berbentuk Huruf T dan memiliki 3 (tiga) lampu yaitu merah,kuning, dan hijau.

Kontributor : Ruliando
Editor : Endro
Publisher : Andri P.U