Tablet Dapat Dipakai Untuk Belajar Siswa Prasekolah

Foto : (AP Photo/Yuri Kageyama)

MALANG-NEWS.COM – Bila sebelumnya menggambar mengunakan krayon, cat air dan segala peralatan lainnya, kini di zaman milineal membuat gambar bisa dilakukan dengan menggunakan tablet (tab) atau iPad, seperti yang dilakukan oleh siswa prasekolah di Jepang ini.

Dilansir dari laman Abc News, Coby Preschool di sebuah kota kecil di timur laut Tokyo adalah prasekolah yang menggunakan aplikasi perangkat lunak ponsel pintar. Perangkat lunak dirancang khusus untuk anak anak prasekolah yang dinamakan KitS.

Pemerintah Jepang baru-baru ini membuat kebijakan pendidikan teknologi dengan menyediakan satu perangkat digital untuk setiap 3 anak. Dengan KitS, yang dikembangkan oleh startup Smart Education yang berbasis di Tokyo, anak-anak mewarnai burung dan bunga yang tampak hidup sebagai grafis komputer 3 dimensi.

Ilustrasi Siswa ketika manfaatkan tablet untuk belajar

Anak-anak juga menggambar berbagai makhluk yang ketika ditangkap sebagai gambar komputer bisa berenang atau mengapung di lanskap virtual. Dalam sesi ini, anak-anak mendapat gambar segitiga di iPad mereka dan diminta untuk menggambar dengan warna digital, menyimpan gambar itu, dan menggambar yang lain untuk membuat cerita dua layar.

kemudian didorong untuk maju ke depan kelas dan menjelaskan apa yang telah mereka gambar ketika gambar-gambar itu ditampilkan di layar besar.
“Tidak ada jawaban yang benar atau salah,” kata Akihito Minabe, kepala sekolah prasekolah yang memimpin sesi. Intinya adalah untuk memelihara kreativitas, fokus dan keterampilan kepemimpinan.

“Mereka berpikir sendiri, mereka belajar itu baik untuk berpikir bebas dan itu menyenangkan untuk muncul dengan ide,” Imbuh Minabe.(Sac)