Satlantas Polres Batu Jalankan Program Korlantas Mabes Polri

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Batu, Ipda M. Budi Hartawan (kiri), usai diwawancarai awak media. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Batu, Ipda M. Budi Hartawan (kiri), usai diwawancarai awak media. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Dalam rangka pelaksanaan penelitian lapangan permasalahan infrastruktur sarana dan prasarana, Korlantas Mabes Polri bersama dengan Dirjen Binamarga Kementrian PUPR melakukan penelitian di Jawa Timur dengan sasaran di Bromo, Tengger, Semeru dan Kota Batu, pada Rabu (14/8/19) mendatang.

Program dari Korlantas Mabes Polri itu juga diberlakukan di wilayah hukum Polres Batu, melalui Satlantas Polres Batu.

Menurut Kanit Dikyasa Satlantas Polres Batu, Ipda M. Budi Hartawan, di Kota Batu sendiri, pelaksanaan kegiatan itu nantinya bakal dilakukan di tempat-tempat wisata, jalan protokol dan beberapa ruas jalan yang biasa di tempati oleh PKL.

“Kita hari ini telah berkirim surat pemberitahuan kepada Satpol PP, Disparta, Dishup dan DPUPR Pemkot Batu serta PHRI Kota Batu. Yang mana nantinya dari dinas tersebut, kita undang ke Rupatama Polres Batu untuk duduk bersama. Kami berikan pemaparan secara singkat, terkait kondisi wisata yang ada di Kota Batu,” kata Hartawan sapaan akrabnya, Senin (12/8/19).

Ditambahkan olehnya, terkait dengan pelaksanaannya nanti pada Rabu sampai Kamis, yang di fokuskan pada akses jalan menuju ke kawasan wisata yang ada di Kota Batu. Selain itu juga ada di beberapa ruas jalan, yang nantinya Korlantas Mabes Polri bersama-sama dengan Dirjen Bina Marga dan Kementrian PUPR akan melakukan penelitian di wilayah Jawa Timur, salah satunya Kota Batu.

“Karena pariwisata di Kota Batu kian hari kian membludak wisatawan yang berkunjung. Kepadatan arus lalu lintas jika musim liburan juga berpengaruh terhadap kemacetan jalan. Karena kita ketahui bersama Kota Wisata Batu sebagai magnet daripada wisata yang ada di Jawa Timur. Maka otomatis, mau tidak mau langsung atau tidak langsung akan berdampak kepada peningkatan volume kendaraan,” imbuh dia.

Menyoal hal tersebut, sambung Hartawan bagaimana cara mengantisipasi dari pada kepadatan arus lalu lintas. Saat ini telah di bentuk tim forum lalu lintas, dalam rangka menciptakan Kamseltibcar Lantas yang ada di Kota Wisata Batu.

“Kota Batu menjadi tujuan wisata yang ada di Jawa Timur. Maka, sudah sepatutnya tugas bagi kami (Satlantas), untuk mengetahui bagaimana infrastrukturnya sudah bagus atau perlu perbaikan. Selain itu, juga penataan daripada pedagang kaki lima dan penataan parkir juga tak kalah penting,” paparnya.

Hartawan juga menguraikan, untuk itu diperlukan bagaimana penambahan atau perbaikan terhadap rambu-rambu lalu lintas yang ada di spot wisata tersebut, apa perlu dilakukan penambahan atau diperlukan perbaikan.

“Kalau memang diperlukan perbaikan dan pengecatan marka jalan, maka kami juga melakukan itu. Tujuannya agar berfungsi dengan optimal dan maksimal seperti itu mestinya. Semua itu dilakukan demi untuk perkembangan pariwisata di Kota Batu tentunya,” pungkas dia.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo