PU SDA Kabupaten Malang Terus Berikan Inovasi Untuk Larangan Membuang Sampah di Sungai

Upaya Pembersihan Sampah Pada Pintu Air Sungai Untuk Mendukung Inovasi Larangan Pembuangan Sampah

MALANG-NEWS.COM, KAB MALANG – Melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air ( PU.SDA) Kabupaten Malang terus berikan inovasi dalam merespon cepat menagulanggi percepatan pembangunan dan memasang papan larangan membuang sampah di aliran air sungai sekitar di wilayah tersebut.

Hal ini (DPUSDA) Kabupaten Malang tertuju pada saluran sungai di sejumlah pengairan yang ada di Kecamatan Singosari.

Seperti yang terjadi saat ini, Selasa (20/08/2019), memasang papan larangan di bahu sungai yang di pasang di saluran Dam Kelampok , Kecamatan Singosari.

Wilayah tersebut juga salah satu penampungan aliran air sungai yang merupakan (DUM) tempat penampungan air yang ditampung menjadi satu untuk mengaliri persawahan masyarakat sekitar

Kawasan pertanian atau sawah salah satunya ini juga merupakan kawasan padat penduduk, untuk itu diharapkan tempat ini kedepannya tetap selalu terjaga kebersihan dan keindahnya.

Wahyudi PS, petugas Wilayah Malang Utara dari DPUSDA Kabupaten Malang Ia Menuturkan kepada Awak Media bahwa saat dilokasi, mengatakan, pihaknya dengan memasang papan larangan tersebut bertujuan agar warga tidak membuang sampah sembarangan, sadar akan dampak bila tempat tersebut dijadikan pembuangan sampah.

Papan Larangan Pembuangan Sampah

Salah satunya dapat menyebabkan banjir, tentunya tempat ini akan kotor dan tidak sehat, mengingat tempat itu sebuah Bendungan aliran Air yang mengaliri persawahan di wilayah Kecamatan Singosari maupun luar Singosari

“Tempat tersebut juga udaranya sejuk, dan indah karena daerah persawahan sekaligus dekat dengan pemukiman penduduk.

“Untuk itu diharapkan kedepannya dengan adanya inovasi pemasangan papan larangan ini diharapkan agar masyarakat sadar tentang membuang sampah di tempat sungai atau tempat penampungan air di (DUM) tersebut. Sehingga keindahan dan kelestarian ditempat ini tetap terjaga dan menjadi tanggung jawab kita bersama,” Tegasnya.

Selain memasang papan larangan, petugas dari DPUSDA Kabupaten Malang juga membersihkan sampah – sampah yang menumpuk disekitar lokasi DUM sungai tersebut.