Polres Batu Melaksanakan Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto S.I.K., M.Si bersama anggota, usai melaksanakan Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sebagai tahap lanjutan.
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto S.I.K., M.Si saat sesi foto bersama anggota, usai melaksanakan Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Hall Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

MALANG NEWS – Usai mendapat predikat WBK dari Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), karena telah dinilai mampu menerapkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di seluruh unit kerjanya.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto S.I.K., M.Si bersama anggota untuk kali kedua kembali ke Jakarta, untuk melaksanakan Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM sebagai tahap lanjutan. Keberangkatan Kapolres beserta anggota tersebut untuk mendapat predikat WBK dan untuk menuju WBBM.

Kegiatan itu dilaksanakan di Hall Hotel Grand Sahid Jaya Jalan Jendral Sudirman Kavling 86, Jakarta Pusat.

Seperti sebelumnya, Kapolres Batu di dampingi anggota yang turut serta dalam kegiatan itu, seperti Kabag Ren Polres Batu Kompol Pudjiharto S.H, dan enam ketua program dan operator.

Adapun ke enam ketua program, yaitu Ketua Program Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan pelayanan publik.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, saat memberikan sambutan
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, saat memberikan sambutan pada kegiatan Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas.

Selain itu turut hadir Tim Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Kemenpan RI. Yakni Bapak Galih Hadi Wijaya selaku Ketua Tim, Ibu Umuh dan Bapak Akbar sebagai Tim Pendamping.

Polres Batu tidaklah sendiri dalam mengikuti kegiatan tersebut. Sebab, hal itu dikarena terdapat 24 Polres lainnya yang juga turut serta dalam kegiatan itu. Diantaranya Polres Malang, Polres Banyuwangi dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Batu menyampaikan, bahwa saat ini Polres Batu sedang mempersiapkan diri untuk menuju tahap selanjutnya yaitu WBBM atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

“Kami terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, yang mana tujuannya untuk membuat masyarakat agar merasa nyaman dan senantiasa terlayani dengan baik,” kata Buher, sapaan akrabnya. Selasa (23/7/19).

Selanjutnya, dilakukan pemaparan program-program unggulan yang dimiliki Polres Batu oleh Kasubag Pers Polres Batu sebagai Ketua Program Penataan Sistem Manajemen SDM, yakni AKP Sofie Sugesti.

“Kami memiliki beberapa program unggulan seperti SIM Delivery, SIM masuk ke Desa (Simkedes), SKCK Delivery, dan kami memaksimalkan tugas Bhabinkamtinmas untuk mensosialisasikan dan menjadi perantara dari SIM dan SKCK delivery untuk daerah yang jauh dari Polres,” jelas AKP Sofie Sugesti.

Ketua Program Penataan Sistem Manajemen SDM, AKP Sofie Sugesti, saat memberikan sambutan
Ketua Program Penataan Sistem Manajemen SDM, AKP Sofie Sugesti, saat memberikan sambutan pada kegiatan Desk Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas.

Kemudian, kegiatan berlanjut ke sesi tanya jawab dari TIM penilai yang menanyakan terkait hal-hal apa saja yang menjadi hambatan selama ini, dan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Polres Batu.

Penjelasan Kapolres Batu menjadi penutup terkait dengan adanya aplikasi berbasis android, yaitu Apel Batu. Dimana merupakan aplikasi pariwisata pertama dan satu-satunya yang dimiliki Polres Jajaran Polda Jatim.

“Kami memilih untuk membuat dan mengembangkan aplikasi untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Batu. Dan ini gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun, karena ini aplikasi yang khusus dibuat untuk membantu masyarakat yang ingin berkunjung ke Kota Batu,” tandas Alumnus Akpol 2000 ini.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo