Polda Jatim Gelar Pemilihan Duta Lalu Lintas, Satlantas Polres Batu Apresiasi

Para peserta Pemilihan
Para peserta Pemilihan Duta Lalu Lintas Jawa Timur, saat sesi foto bersama Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Muhammad Aldian, S.I.K., MH. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Polisi Daerah (Polda) Jawa Timur melalui Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) menggelar kegiatan Pemilihan Duta Lalu Lintas dengan mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas”. Acara tersebut bertempat di Convention Hall Hotel Royal Orchid, Jalan Indragiri, Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Rabu (11/9/19).

Pada acara ini, puluhan peserta dari duta lalu lintas baik di tingkat kota maupun kabupaten se-Jawa Timur, termasuk dari Kota Batu yang mewakili daerahnya masing-masing unjuk kebolehan.

Di hadapan Juri para finalis menyampaikan makalah yang telah dibuat. Temanya tentang tertib berlalu lintas. Mereka bahkan juga diberi kesempatan untuk berlengak lengok bak model di atas catwalk. Selain itu juga menunjukkan kemampuan dan wawasannya dalam hal tertib lalu lintas, yang kemudian dinilai oleh juri.

Menurut Wakil Direktorat Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Jatim, AKBP Muhammad Aldian, S.I.K., MH, kegiatan pemilihan duta lalu lintas sebagai bentuk menggelorakan tertib berlalu lintas. Selanjutnya hasil pemilihan di tingkat Polres akan dikirim mengikuti pemilihan duta lalu lintas tingkat Polda Jatim.

“Point penting tugas seorang duta lalu lintas adalah ikut serta menggelorakan pentingnya keselamatan berlalu lintas,” katanya saat diwawancarai awak media.

Wadirlantas Polda Jatim ini menjelaskan, pemilihan duta lalu lintas adalah agenda rutin memilih agen agen perubahan dalam tertib berlalu lintas dan pelopor dalam keselamatan berlalu lintas.

“Target yang dicapai, turut serta, paham dan peduli masyarakat dalam tertib berlalu lintas,” terangnya.

Lanjut dia, dalam ajang pemilihan duta lalu lintas tersebut, para peserta dari kota maupun kabupaten telah diseleksi oleh Polri, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata Pemda, Dinas Perhubungan dan forum lalu lintas Jawa Timur.

“Ya, disini nanti juaranya bakal mewakili provinsi, seperti di tingkat nasional yang berhak untuk mewakili Jawa Timur,” ungkapnya.

Saat ditanya penyeleksiannya meliputi tahapan apa saja, AKBP Muhammad Aldian lebih lanjut menuturkan, bahwasanya proses seleksi salah satunya pemahaman tentang undang-undang lalu lintas.

“Sejauh mana pemahaman tentang lalu lintas, kemudian juga etika profesionalisme, bagaimana tata cara berlalu lintas yang benar dan sebaginya. Jadi, pemilihan duta lalu lintas ini bukan hanya dari kita, namun juga dari forum lalu lintas Jawa Timur sebagai panitianya,” pungkas dia.

Salah satu peserta Pemilihan Duta Lalu Lintas
Salah satu peserta Pemilihan Duta Lalu Lintas Jawa Timur, saat unjuk kebolehan di hadapan para juri.

Pada kesempatan itu, Kasatlantas Polres Batu AKP Diyana Suci Listyawati, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, dari para peserta pada ajang pemilihan duta lalu lintas ini juga diikuti oleh masyarakat Kota Batu.

“Ya, kami atas nama Satlantas Polres Batu sangat mengapresiasi kegiatan acara Pemilihan Duta Lalu Lintas ini. Sebab, juga diikuti oleh orang Batu, seperti Fakhrima Isna Kusumadewi dan Satria Tamareska Putra. Semoga mereka dapat membawa nama harum Kota Batu,” tandas Perwira Tinggi Polisi ini.

Sementara itu, Fakhrima Isna Kusumadewi salah satu peserta dari Kota Batu, merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari ajang Pemilihan Duta Lalu Lintas Jawa Timur.

“Melalui ajang Pemilihan Duta Lalu Lintas ini semoga bisa membawa nama Kota Batu, khususnya Polres Batu di ajang Provinsi, yaitu Duta Lalu Lintas Polda Jatim. Jujur, saya tidak menyangka juga bisa merasakan berkompetisi dengan 39 kota, kabupaten seluruh Jawa Timur terlebih di daerah sendiri,” ungkapnya bangga.

Mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) Malang yang juga pernah menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) 2017 Kota Batu ini juga berharap, semoga selalu bisa menampilkan yang terbaik dan bisa pulang dengan membawa kebanggaan.

“Harapan saya melalui kompetisi ajang Pemilihan Duta Lalu Lintas Jawa Timur ini, semoga dapat mengharumkan nama Kota Wisata Batu dan menjadi ajang promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu,” pungkas Wakil 1 (satu) Nimas Kota Batu 2018 ini.

Untuk diketahui, Pemilihan Duta Lalu Lintas Jawa Timur ini, nantinya juara yang terpilih bakal digandeng oleh Polda Jatim dan berhak untuk mengikuti setiap even tertib berlalu lintas.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo