Pemkot Batu Gelar Sosialisasi Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa

Sosialisasi Kegiatan Pedoman Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Bagian Layanan Pengadaan Setda Pemkot Batu.
Sosialisasi Kegiatan Pedoman Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Bagian Layanan Pengadaan Setda Pemkot Batu.

MALANG NEWS – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menghadiri sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Kegiatan Pedoman Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Bagian Layanan Pengadaan Setda Pemkot Batu.

Kegiatan tersebut bertempat di ruang rapat utama lantai 5 gedung A Balaikota Among Tani, Pemkot Batu, pada Senin (15/4/2019) pagi.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Effisiensi, Kepala Bagian Layanan Penggadaan Setda Batu Onny Ardianto, Narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Khalid Mustofa, Asisten dan Staf Ahli serta Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen dilingkungan Pemkot Batu.

Kepala Bagian Layanan Penggadaan Setda Pemkot Batu Onny Ardianto.
Kepala Bagian Layanan Penggadaan Setda Pemkot Batu Onny Ardianto, saat memberikan sambutan.

Kepala Bagian Layanan Penggadaan Setda Pemkot Batu Onny Ardianto dalam laporannya menyampaikan, bahwa latar belakang pelaksanaan sosialisasi tersebut adalah percepatan pelaksanaan pembangunan yang menjadi tanggung jawab pemerintah perlu didukung oleh percepatan pelaksanaan penyelenggaraan yang didahului melalui pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Keberhasilan pelaksanaan kegiatan terutama pengadaan barang/jasa pemerintah harus didahului dengan proses perencanaan yang baik dan matang. Bagian Layanan Pengadaan Setda Pemkot Batu mempunyai peran dan fungsi dibidang pelaksanaan, pembinaan dan pengadaan barang/jasa pemerintah,” kata dia.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut, antara lain memahami ruang lingkup perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah baik melalui swakelola maupun penyedia serta memahami, menyusun dan mengumumkan rencaana umum pengadaan.

“Ya, dengan harapan, diadakan sosialisasi ini adalah para peserta mampu menyusun perencanaan dan pengadaan barang/jasa baik swakelola maupun penyedia, agar setiap uang yang dibelanjakan dapat diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi dan penyedia,” imbuhnya.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko, saat memberikan sambutan
Walikota Batu Dewanti Rumpoko, saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sebelum membuka secara resmi sosialisasi tersebut juga menyampaikan, bahwa sosialisasi tersebut termasuk urgent atau penting, dimana ketika pejabat yang bersangkutan tidak update atau tidak paham betul dengan aturan yang terbaru.

“Jadi harus selalu update, kalau tidak nanti akan menjadikan hal-hal yang bermasalah dikemudian hari,” kata Budhe sapaan akrabnya.

Oleh sebab itu, Politisi PDIP ini berharap kepada seluruh peserta sosialisasi tersebut untuk betul-betul memahami bukan hanya mendengarkan atau menyimak, akan tetapi menanyakan atau berdiskusi ketika ada hal hal yang masih perlu diperjelas.

“Karena kita semua ingin bekerja dengan baik dan selamat. Untuk itu saya tekankan kepada Kepala Dinas untuk selalu memantau anak buahnya untuk mengikuti sosialisasi ini dengan serius,” pungkas mantan None Jakarta ini.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo