Pariwisata Indonesia Menempati Peringkat 9 Dalam Daftar WTTC

Sumber : dokumen google

MALANG-NEWS.COM– Pariwisata Indonesia menempati peringkat sembilan dalam daftar WTTC (The World Travel and Tourism Council)

Dilansir dari laman www.wwtc.org, telah merilis 30 daftar negara yang sukses meningkatkan sektor pariwisata.

WTTC sendiri merupakan sebuah lembaga yang menaungi industri travel dan pariwisata dunia serta anggotanya tersebar di berbagai negara.

Adapun penilaian tersebut menggunakan data mengenai dampak ekonomi tahunan WTTC, dengan empat indikator utama: Total Kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), Ekspor (Pengeluaran pengunjung pariwisata internasional), pengeluaran domestik dan investasi.

Menurut Direktur Eksekutif WTTC, Gloria Guevara, “Perayaan hari pariwisata dunia perlu dirayakan secara global. Sebab, sektor pariwisata telah menyumbang 10,4 persen dari pertumbuhan ekonomi dunia dan menyediakan lebih dari 313 lapangan pekerjaan. Laporan terbaru WTTC mengenai rangking kekuatan dan performa pariwisata ini memperlihatkan negara yang paling sukses meningkatkan sektor pariwisat” Ucapnya, seperti yang dikutip breakingtravelnews (Rabu, 3/10/18)

Sumber : wwtc

Dari daftar tersebut terdapat 12 negara G20 yang mendominasi. Negara-negara tersebut menempati top 20. Namun ada penjelasan mengenai hal tersebut.

“Memang negara G20 mendominasi. Terdapat 12 negara di top 20. kelebihan dari negara G20 adalah mereka menempatkan sektor pariwisata sama pentingnya dengan pasar dan pertumbuhan ekonomi global, ” ucapnya.

Indonesia menempati peringkat sembilan dan unggul dari negara Asia tenggara lainnya. Seperti Thailand, Filipina dan Malaysia.

Menteri Pariwisata Indonesia, Arif Yahya, menyambut baik daftar peringkat yang di keluarkan WTTC. Menurutnya, pencapaian sukses ini akan semakin memperkuat positioning pariwisata Indonesia sebagai core economy. (DCS)