Operasi Patuh Semeru 2019, Kasatlantas Polres Batu Sampaikan Hal Ini

Operasi Patuh Semeru 2019
Operasi Patuh Semeru 2019 yang digelar serentak selama 14 hari ke depan, mulai 14 Agustus sampai dengan 11 September.

MALANG NEWS – Operasi Patuh Semeru 2019 hari ini mulai digelar serentak selama 14 hari kedepan, dimulai 14 Agustus sampai dengan 11 September.

Pada Operasi Patuh Semeru kali ini Polres Batu memprioritaskan delapan point pelanggaran untuk ditindak.

Giat tersebut dilakukan dalam upaya untuk menertibkan para penggunaan kendaraan, baik Roda Dua (R2) maupun Roda Empat (R4) yang terbukti melanggar lalu lintas di Kota Batu.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Batu, AKP Diyana Suci Listyawat, Operasi Patuh Semeru 2019 kali ini lebih menekankan ke pembinaan dan segaligus juga sebagai sarana mengedukasi kepada para pelanggar lalu lintas.

“Ya, itu berlaku bagi semua jenis pelanggaran lalu lintas bakal kami tindak. Selain itu juga ada delapan prioritas jenis-jenis pelanggaran,” kata Diyana sapaan akrabya kepada awak media, Kamis (29/8/19).

Perwira Polisi ini menjelaskan, dari delapan point jenis pelanggaran yang menjadi prioritas itu diantaranya, pengendara motor yang tidak menggunakan helm berstandart SNI, mengendarai kendaraan roda empat dengan tidak memakai safety belt (sabuk pengaman), berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Selanjutnya, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh narkoba atau miras, tindakan pada pengendara dibawah umur, serta dilarang menggunakan handphone pada saat berkendara.

“Kemudian selain itu juga penindakan pengendara yang melawan arus lalu lintas, dan wajib menggunakan lampu rotator atau lampu strobo,” terang dia.

Diyana berharap, penindakan pada pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2019 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara. Serta meminimalisir angka terjadinya pelanggaran lalu lintas.

“Saya mengimbau kepada setiap pengendara, baik R2 dan R4 untuk dapat tertib berlalu lintas, dan selalu mematuhi rambu-rambu, serta paling utama yang tak kalah pentinya adalah selalu mengedepankan keselamatan baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” pungkasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo