Kipa Ilakes! Tingkatkan Pelayanan Pada Masyarakat, Kantor Imigrasi Kota Malang Gelar Pameran

Novianto Sulastono, SH., MH Kepala Kantor Imigrasi Tingkat I Kota Malang
Novianto Sulastono, SH., MH Kepala Kantor Imigrasi Tingkat I Kota Malang

MALANG-NEWS.COM – Berbagai progam kerja kegiatan dan terobosan terus dilakukan oleh Kantor Imigrasi Tingkat I (satu) Malang. Salah satunya dengan menggelar Pameran Keimigrasian. Kegiatan acara ini digelar di pusat perbelanjaan Malang Town Square, Jalan Veteran, Kota Malang, yang dimulai dari tanggal 9 Juli hingga 13 Juli 2018.

Pameran ini bertujuan, untuk mewujudkan pelayanan keimigrasian yang lebih maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya pelayanan public saja, akan tetapi juga memberikan informasi terkait dengan pelayanan keimigrasian dan penggatian paspor.

“Kalau dulu pelayanan public terkait keimigrasian terkesan pasif, tapi untuk sekarang pelayanan public keimigrasian adalah hal yang utama dan kami berusaha sedekat mungkin dengan masyarakat,” kata Novianto Sulastono, SH. MH. Kepala Kantor Imigrasi Tingkat I Kota Malang, saat ditemui Malang News. Selasa, (10/7/18).

Selain memberikan informasi tentang keimigrasian, dalam pameran ini juga memberikan pelayanan yang kongkrit, yakni berupa pelayanan penggantian paspor. Hal ini diharapkan, agat mampu mengurangi mebludaknya permohonan permintaan penggantian paspor di Kantor Imigrasi Kota Malang.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk warga Kota Malang saja, melainkan semua warga masyarakat yang membutuhkan informasi terkait keimigrasian dan penggantian paspor. Dan bagi siapa saja yang membutuhkan informasi dan penggantian paspor, cukup hanya melengkapi berkasnya dan kami akan memberikan pelayanan semakasimal mungkin di kantor dan di pameran keimigrasian,” ujar Tonton, sapaan akrabnya.

Dirinya juga berharap, bahwa Pelayanan keimigrasian Kota Malang agar dapat semakin dikenal dengan baik oleh masyarakat, yaitu yang mana salah satunya dengan memberikan pelayan yang maksimal, serta membuat inovasi-inovasi pelayanan yang baru kepada masyarakat.

Lanjut dia, hingga saat ini Kantor Imigrasi Tingkat I Kota Malang tidak pernah menerima keluhan berat dari masyarakat terkait dengan pelayanan keimigrasian.

“Jika berkas yang dibawa pemohon lengkap, pasti akan kami layani semaksimal mungkin dengan baik”, urainya.

Tonton juga menambahkan, bahwasanya Kantor Imigrasi ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai keimigrasian. Hal itu dikarenakan, pihaknya telah menyediakan informasi berbasis online, serta pendaftaran pengajuan paspor secara online. Artinya, pemohon hanya tinggal mendaftar melalui aplikasi antrian kepengurusan paspor, yakni lewat aplikasi berbasis android yang sudah dapat di download melalui Play store atau asesantrian.imirasi.go.id untuk Smartphone dan Dekstop berbasis IOS dan Windows.

‘’Ya, dengan mengakses aplikasi tersebut, kini masyarakat yang akan mendaftar untuk pembuatan paspor akan mendapat nomor antrian. Nomor ini digunakan pada hari H, yaitu pada saat akan melakukan pembuatan paspor,’’ jelas dia.

Untuk diketahui, kegiatan Pameran Kemigrasian yang digelar tersebut mendapat sambutan antusias yang tinggi dari masyarakat, hal ini terlihat dari banyaknya daftar kunjugan tamu yang mencari informasi keimigrasian, serta pengajuan penggantian paspor yang mencapai 15-20 paspor dalam sehari. (Khd)