Kepsek SMAN 2 Malang Luruskan Publikasi “Tahan Ijazah”

SMAN 2 di Jalan Laksamana Martadinata No.84 Malang
SMAN 2 Jalan Laksamana Martadinata No.84 Malang

MALANG NEWS – Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 2 Malang, Drs Hariyanto, MPd, meluruskan publikasi tentang pihaknya diwartakan “menahan ijasah siswa”. Publiksasi dimaksud dirilis oleh sebuah media online.

Menurut Kepsek SMAN di Jl. Laksamana Martadinata 84 Malang itu, pemberitaan di media online dimaksud tidak benar. Pasalnya, pihak sekolah maupun komite tidak pernah menahan ijazah murid. Publikasi tersebut juga tanpa konfirmasi dari dirinya maupun komite sekolah.

“Sebenarnya, waktu itu ada salah satu murid yang mau mengambil ijazah. Dia (murid dimaksud) belum melunasi tanggungan keuangan sekolah. Lalu, dari pihak sekolah menyarankan agar membuat surat, yang intinya kapan bisa menyanggupinya (bayar). Ternyata, tahu-tahu yang muncul malah berita (di media online) seperti itu,” tutur Drs Hariyanto, MPd kepada awak media, Selasa (23/7/19).

Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 2 Malang, Drs Hariyanto, MPd
Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 2 Malang, Drs Hariyanto, MPd

Ia tambahkan, posisi Ijazah tersebut saat ini sedang dalam proses penulisan nama-nama murid yang bakal memperoleh ijazah.

“Jadi semua ijazah tersebut memang belum waktunya untuk kami keluarkan. Hal itu mengingat proses cap tiga jari juga belum. Sekolah juga tidak pernah menahan ijazah, sekalipun yang bersangkutan belum menyelesaikan tanggungan keuangan,” imbuh Drs Hariyanto, MPd.

Saat disinggung langkah apa yang bakal dilakukan pihak sekolah terkait dengan pemberitaan yang dinilai merugikan tersebut, Kepsek SMAN 2 Malang memaparkan telah berkoordinasi dengan kepala cabang Dinas Pendidikan wilayah Malang dan Batu.

“Hal yang pasti, berita (di media online) tersebut sangat merugikan pihak sekolah, karena tidak benar sama sekali. Kami sudah berkoordinasi dengan kepala cabang Dinas Pendidikan wilayah Kota Malang dan Batu. Selanjutnya kami bakal menempuh jalur hukum dan tidak menutup kemungkinan juga akan melaporkan ke Dewan Pers,” ungkap Kepsek SMAN 2 Malang.

Pewarta : Ardianto Rakya

Editor : Eko Sabdianto

Publisher : Andri Priyo Utomo