Humas Pemkot Batu, Jalin Kemitraan Dengan Wartawan

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Batu, Suliyanah didampingi Sekretaris Chayi Siswantoro, saat memberikan sambutan pada kegiatan Forum Kemitraan
Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Batu Suliyanah, didampingi Sekretaris Humas Chayi Siswantoro, saat memberikan sambutan pada kegiatan Forum Kemitraan bersama wartawan Kota Batu. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Demi memperkuat sinergitas untuk penyebaran informasi ke masyarakat Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menggelar “Forum Kemitraan” bersama Wartawan Kota Batu, yang dikemas dalam bentuk buka puasa bersama, Jumat (17/5/19) sore.

Acara yang dipusatkan di ruang rapat lantai lll gedung C, Balaikota Among Tani, itu dipandu langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Batu Suliyanah, S.Sos. Dalam pemaparannya Suliyanah mengatakan, kegiatan buka bersama pewarta sebagai bagian dari kegiatan yang rutin akan dilakukan kedepan.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka membangun keharmonisan antara pewarta dan Pemerintah Kota Batu,” ungkapnya.

Dikatakannya, sejauh ini, hubungan antara pewarta dan kehumasan sudah terbangun kemitraan yang cukup baik. Namun, pihaknya tidak menampik bahwa masih banyak kekurangan yang harus di perbaiki, baik dari sisi informasi maupun pemberitaan.

“Pemkot Batu sejauh ini sudah berupaya semaksimal mungkin memberikan ruang kepada media untuk memberitakan, baik sisi pembangunan maupun kebijakan yang dianggap perlu untuk dikritisi,” katanya.

Suliyanah juga memaparkan, bahwa sesungguhnya Pemkot Batu tidak anti terhadap kritik selama kritik itu bersifat membangun.

“Intinya antara media dan pemerintah harus saling beriringan, serta terjalin sinergitas yang baik,”sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Humas Pemkot Batu Chayi Siswantoro, ST.,MM mengatakan, pola kemitraan yang dibangun Humas Pemkot Batu sudah cukup baik. Hanya saja masih ada yang perlu diperbaiki.

“Kawan-kawan media saya yakini tidak akan lepas dari tupoksinya serta tujuannya menginformasikan kepada masyarakat. Karena sesuai yang telah diatur oleh UU pers nomor 40 tahun 1999,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya, melalui media pula program dan kebijakan Pemkot Batu bisa di counter.

“Ya, lewat pemberitaan tentunya, maka tugas kehumasan mengconternya melalui media-media yang memang secara legalitas diakui. Melalui kegiatan ini kita berharap kedepannya kemitraan Humas Pemkot Batu dan pewarta bisa terjalin lebih baik lagi,” pungkasnya.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo