Hadiri Sabers Camp Nusantara #100, Kapolres Batu Siap “Sabers Pungli”

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MSI saat sesi foto bersama Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko dan abers Camp Nusantara #100
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK foto bersama Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko dan penggiat Sabers Pungli, saat menghadiri Sabers Camp Nusantara #100. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) Kota Batu menggelar kegiatan acara “Sabers Camp Nusantara #100” di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Jalan Raya Selecta, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada Sabtu (12/10/19) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris BPBD Jawa Timur, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK, Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur, Kementrian Lingkungan Hidup, Direktur Perum Jasa Tirta Kota Malang, dan Komunitas Local Guide Indonesia.

Tema yang diusung tahun ini adalah “Connect 2 Connect – Merajut Tali Silaturahmi Peduli Ekologi”. Acara tersebut bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Sabers Pungli yang ke-2.

Menurut H. Ahmad Rifa’i DJ St selaku penggiat Sabers Pungli, kegiatan ini membahas tentang ekologi, permasalahan sampah, sungai dan pengelolaan sungai secara sistematis dengan narasumber yang di hadirkan.

“Selain itu, dalam acara ini juga membuat volunteer pelajar dan komunitas sebagai agen sabers untuk merancang kegiatan sabers ke depan,” katanya kepada Malang News.

Mat Berlin sapaan akrabnya menjelaskan, pada acara tersebut juga ada pemutaran film “Air Bicara” dari SMK 3 Kota Batu yang menjuarai festival film tentang Sabers Pungli.

“Ya, pada acara ini ada nominator film pendek BPBD Pemerintah Kota Batu dan Sabers Pungli, yang sekaligus juga merayakan Hari Ulang Tahun ke-2 Sabers Pungli,” terang dia.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK saat menghadiri giat tersebut menyampaikan, dirinya siap jika sewaktu-waktu diajak untuk terjun langsung bersama tim Sabers Pungli.

“Saya bersyukur pada malam hari ini bisa ikut andil dalam acara ini. Sebagai warga baru Kota Batu, izinkan saya untuk memperkenalkan diri untuk bergabung menjadi warga Kota Batu, dan mohon kiranya saya bisa diterima dengan tangan terbuka. Saya siap jika sewaktu-waktu diajak untuk terjun langsung ke lapangan,” kata Harvi sapaan akrabnya.

Mantan Kasubdit Regident Dirlantas Polda Jatim ini mengaku bangga, karena Kota Batu memiliki sahabat Sabers Pungli yang turut perduli akan kebersihan lingkungan.

“Saya dengan sangat senang hati akan ikut nyemplung dengan rekan-rekan sekalian. Saber Pungli sudah luar biasa menginisiasi menjadi motivator untuk perduli lingkungan terhadap sungai yang bersih. Tentunya itu merupakan suatu yang luar biasa. Kesadaran diri sendiri mau terlibat langsung itu salah satu wujud dari cinta tanah air. Saya siap kapanpun diminta untuk bersama-sama dengan tim Sabers Pungli,” ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Batu ini berharap, ke depan tentunya selalu memberikan support dan ikut bersama-sama dengan tim Sabers Pungli untuk secara langsung turun ke sungai.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MSI saat sesi foto bersama Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko dan abers Camp Nusantara #100
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK saat memberikan sambutan pada kegiatan acara Sabers Camp Nusantara #100.

Sementara itu, Rio Hendra yang juga sebagai pelaku penggiat Sabers Pungli menambahkan, pada September tahun 2019 ini gerakan Sabers Pungli akan memasuki dua tahun perjalanannya.

“Pada 12-13 Oktober 2018 gerakan Sabers Pungli akan melakukan refleksi perjalanan dua tahun pertamanya dengan mengadakan Silaturahmi Budaya dalam bentuk Sabers Camp Nusantara yang diadakan di lokasi Camping Ground BPBD Kota Batu,” ungkapnya.

Rio yang juga jurnalis ini memaparkan, dalam setiap kegiatan Sabers Pungli, selalu bersinergi dengan BPBD Kota Batu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Batu Local Guide dan PHRI Kota Batu untuk menemukan solusi dari persoalan-persoalan ekologi khususnya sampah sungai yang selama ini ditemui dalam kegiatan Sabers Pungli setiap minggunya.

“Selain mengadakan Sabers Camp yang mengundang volunteer, BPBD 14 Kota Kabupaten yang dialiri sungai Brantas, Sabers Pungli juga menggelar syukuran 2 tahun gerakan kesadaran moral, kesadaran terlibat dan edisi ke 100 Sabers Pungli yang menampilkan budaya lokal yang akan dikemas secara menarik,” pungkasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo