Hadiri Malam Keakraban, Kapolres Batu Jamin Keamanan Warga Papua

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, Bersama Walikota Batu, Wawali Batu, Forkompimda menari bersama warga Papua di Balai Persekutuan Bukit Zaitun YPPI Kota Batu.
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, Bersama Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, Wawali Batu Ir. Punjul Santoso, MM, menari bersama Siswa-Mahasiswa Papua di Balai Persekutuan Bukit Zaitun YPPI Kota Batu.

MALANG NEWS – Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi menghadiri kegiatan Malam Keakraban Siswa-Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat di Kota Batu. Kamis (22/8/2019) malam, pukul 19.00 WIB bertempat di Balai Persekutuan Bukit Zaitun Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, No.5, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Hadir pula dalam acara tersebut, Walikota Batu Dra Hj. Dewanti Rumpoko, MSi, Wakil Walikota Batu Ir. Punjul Santoso, MM, Ketua DPRD Kota Batu dan Tokoh Masyarakat Kota Batu beserta Forkompimda.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan, Polres Batu menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan siswa, mahasiswa dan masyarakat Papua selama melaksanakan kegiatan atau menggali ilmu di Kota Wisata Batu.

“Kami akan menjamin keselamatan semua warga masyarakat Papua yang ada di Kota Wisata Batu. Apabila ada oknum, apakah itu dari masyarakat yang masih mencoba mendiskriminasi ras dan etnis tertentu, maka kami akan memberikan sanksi dan tindakan tegas sesuai dengan undang-undang,” kata Buher sapaan akrabnya.

Mantan Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan ini menambahkan, Indonesia masih belum bisa dikatakan merdeka, apabila masih membeda-bedakan Ras maupun Suku.

“Namun, di Kota Batu ini tingkat toleransi dan kekerabatannya sangat tinggi, sehingga situasi di Kota Wisata Batu menjadi aman, damai serta kondusif,” imbuh Alumnus Akpol 2000 ini.

Pada malam keakraban itu, tampak seluruh warga masyarakat Papua bersama Pemkot Batu, Forkompimda membaur menjadi satu menarikan tarian khas ala Papua. Mereka juga bersama-sama menyanyikan lagu-lagu tradisional dari Papua.

Hal senada juga disampaikan Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, selain keindahan dan kesejukan Kota Wisata Batu, masyarakatnya juga sagat cinta damai serta menjunjung tinggi rasa toleransi.

“Ya, warga masyarakat Kota Wisata Batu tidak membeda-bedakan Ras atau Etnik tertentu. Mereka selalu menjaga dan menjunjung tinggi rasa toleransi kepada sesama,” kata Budhe sapaan akrabnya.

Polisi PDIP ini juga berpesan, apabila ada perlakuan yang kurang nyaman kepada Siswa maupun Mahasiswa dan orang Papua yang berdomisili di Kota Wisata Batu, hendaknya agar dapat melaporkannya kepada Walikota, Kapolres dan Dandim. Guna menciptakan situasi yang aman dan damai.

Sekadar diketahui bersama, kegiatan malam keakraban Siswa-Mahasiswa Papua ini menampilkan tarian-tarian khas Papua dan Lagu Daerah Papua. Pada penghujung acara malam keakraban tersebut diakhiri dengan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang menggambarkan bahwa Indonesia walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua.

Pewarta: Eko sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo