Genangan Air Sawah Sebabkan Pelayanan Puskesmas Sisir Terganggu

Genangan air dari sawah petani yang memasuki samping dan belakang Puskesmas Sisir.
Genangan air dari sawah petani yang memasuki samping dan belakang Puskesmas Sisir.

MALANG NEWS – Air sawah yang masuk kedalam pagar tembok Puskesmas Sisir yang berlokasi di Jalan H. Sutan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, menyebabkan pelayanan menjadi terganggu.

Selain tak sedap dipandang dan merusak citra keindahan, kenyamanan maupun kondisi bangunannya yang tiap hari selalu digenangi air.

Pasalnya, halaman kantor Puskesmas terlihat kotor dan becek. Masyarakat juga harus menghindari genangan air ketika masuk ruangan pendaftaran pasien dan pelayanan, menjaga agar bekas tapak kaki mereka tidak mengotori lantai puskesmas.

Kepala Puskesmas dr. Yongki melalui Kepala Tata Usaha Farida Nurhayati, S.AP mengatakan, bahwasanya penyebab genangan air yang masuk ke dalam area Puskesmas Sisir akibat rembesan air dari belakang Puskesmas.

“Ini terjadi sudah bertahun tahun, pada saat musim kemarau seperti saat ini biasanya para petani menggenangi sawah mereka. Akibatnya genangan air itu kemudian mengikis tembok pembatas, hingga meluber ke samping rumah Dinas dokter yang kini kami jadikan rumah pojok ramah anak, bahkan genangan air itu juga sampai ke halaman depan puskesmas,” kata Ida sapaan akrabnya, Rabu (24/7/19).

Kepala Tata Usaha Puskesmas Sisir Farida Nurhayati, S.AP
Kepala Tata Usaha Puskesmas Sisir, Farida Nurhayati, S.AP, usai diwawancarai awak media.

Ditambahkan olehnya, bahwa pihak dari Puskesmas juga mengkhawatirkan kondisi tersebut, bila mana tidak segera ditangani, dalam kurun waktu lama air akan merusak bangunan.

“Ya, otomatis nantinya bisa mengakibatkan ambruk. Saat ini kami mencari solusi dimana kita sudah berkoordinasi dengan dinas. Hal itu nantinya juga kita jabarkan di dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2019. Mudah-mudahan pihak dinas bisa acc, terkait rencana anggaran kerja (RKA) dan pagunya sesuai yang sudah kami sodorkan, kalau disetujui pelaksanaan renovasi akan terlaksana pada 2020,” imbuh dia.

Ida juga mengungkapkan, sementara ini yang sudah cek lokasi adalah Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) dr. Icang, Kepala Tata Usaha yang sebelumnya bekerja di BPBD Kota Batu.

“Ini harus segera dibenahi, sebab Puskesmas Sisir ini juga sebagai pemenang dalam lomba Puskesmas bersih yang diadakan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kalau kondisi ini tidak segera diperbaiki kenyataannya akan berbanding terbalik,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Batu drg. Kartika Trisulandari hingga berita ini dilansir, masih belum bisa dikonfirmasi.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo