DPC Peradi RBA Malang Matangkan Persiapan Muscab

Rapat Pematangan Sebelum Muscab di Hotel Pelangi (Doc. PERADI RBA Malang)

MALANG-NEWS.COMKota Malang – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Rumah Bersama Advokat (RBA) Malang mulai mematangkan persiapan musyawarah cabang (muscab). Diagendakan, muscab tersebut bakal digelar Jumat, 27 September 2019.

Muscab DPC Peradi RBA Malang tersebut merupakan muscab yang pertama bagi organisasi advokat di bawah kepemimpinan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi RBA, Dr. Luhut MP Pangaribuan SH, LLM.

Kepada awak media, Ketua “Steering Committe” Muscab DPC Peradi RBA Malang, Sudarmadi, SH membenarkan rencana muscab tersebut, Selasa (20/8) malam.

Ia mengaku, panitia sudah membahas dan melakukan rapat persiapan di Hotel Pelangi. Topik bahasan antara lain meliputi kegiatan muscab yang akan dilakukan di Hotel Purnama, Kota Batu, kelak.

“Memang, ini muscab yang pertama, tahun 2019. Muscab ini sebagai forum amanat organisasi yang agendanya mendengarkan pertanggungjawaban pengurus periode pertama, yang berjalan mulai tahun 2015 hingga 2019. Kedua, melakukan rancangan kerja dan rencana keuangan untuk periode 2019 hingga 2023. Agenda ketiga, memilih kepengurusan baru periode tahun 2019 – 2023,” urai salah satu advokat senior di Malang itu.

Jadi, lanjut Sudarmadi, agenda muscab hanya membahas tiga hal tersebut. Ia juga menyebutkan, DPC Peradi RBA Malang kini beranggotakan 180 advokat.

“Nanti ada peninjau dan undangan dari Muspida atau Forkompimda di Malang. Tentu saja mereka tidak memiliki hak suara,” Imbuh Pak Dar, sapaan akrabnya.

Lebih detil, advokat senior asal Jombang ini juga mengungkapkan, muscab akan digelar selama sehari semalam.

“Kalau lebih detil, pertanggungjawaban kinerja dan keuangan pengurus lama akan diterima atau tidak oleh anggota, akan terjawab di muscab nanti. Misal, apa saja yang sudah dikerjakan selama ini dan bagaimana keuangan yang didapat dari heregistrasi anggota dan donator. Bisa jadi, muscab nanti juga akan membahas dan menetapkan iuran anggota yang belum ada,” paparnya.

Disinggung ihwal siapa yang berpeluang bakal menduduki kursi ketua DPC Peradi RBA Malang, Sudarmadi mengatakan masih belum ada yang muncul untuk mencalonkan diri.

“Tapi sepertinya yang sudah siap-siap maju lagi adalah pak Yayan,” katanya.
Saat ini, Ketua DPC Peradi RBA Malang dijabat Yayan Riyanto, SH, MH.

“Namun belum ada konfirmasi resmi,” tutupnya.

Dikonfirmasi terpisah, Yayan mengaku tidak masalah kalau mencalonkan diri lagi menjadi ketua DPC Peradi RBA Malang.

“Kalau anggota masih menginginkan, saya siap maju lagi. Semua terserah kepada anggota saja,” ungkap alumnus Fakultas Hukum UMM ini, Selasa (20/8) malam. (ARU/Red)

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo