Cegah Antisipasi Terjadinya Penyalagunaan Senpi, Polres Malang Periksa Senpi dan Tes Urin Anggota

Nampak Waka Polres Kompol Anggun Deddy Sisworo S.I.K., M.I.K. Saat Periksa Senpi Ratusan Anggota di Halaman Polres Malang

MALANG-NEWS.COM KAB MALANG -Melalui Polres Malang ratusan anggota mengikuti pemeriksaan tes urin dan senjata (senpi).Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan dan antisipasi terjadinya penyalahgunaan senpi.

Tidak hanya itu, pemeriksaan senpi dan tes urin juga diarahkan ke kalangan perwira. Baik anggota Polres maupun seluruh jajaran Polsek.Pemegang senpi harus betul betul profesional dalam penggunaannya, termasuk kondisi mental dan psykologinya.

Katika pemeriksaan senpi dan tes urin dilakukan di halaman Mapolres Malang. Kegiatan tersebut langsung dipimpin Wakapolres Kompol Anggun Deddy Sisworo, S.I.K., M.I.K. dan didampingi Kasi Propam Ipda Choirul.

“Melalui pemeriksaan ini sifatnya pengawasan. Bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisi oleh anggota Polri,”Tutur Anggun di sela-sela pemeriksaan, Jumat

Menindak lanjuti, ada 176 pucuk senpi anggota yang diperiksa. Sasaran pemeriksaan senpi ini meliputi kelengkapan administrasi pemegang senpi dinas.Maka itu, Kelengkapan surat-surat serta kebersihan Senpi

Seperti halnya, kelengkapan surat serta kebersihan senpi juga menjadi perhatian dalam pemeriksaan tersebut.

Hal tersebut dilakukan, sebagai langkah pencegahan dan antisipasi terjadinya penyalahgunaan senpi dan anggota Polres Malang harus bersih dari Narkoba.

Hasilnya, seluruh senpi anggota dalam kondisi baik dan layak pakai. Selain itu surat izin penggunaannya juga masih berlaku.

Sementara untuk hasil tes urine, tak ada anggota maupun pejabat utama Polres Malang yang menggunakan zat-zat berbahaya dari narkoba.

“Pemeriksaan kita lakukan secara menyeluruh. Syhukur senpi yang kita dapati di tangan anggota dalam kondisi sangat terawat. Untuk Tes urin semuanya negatif,” Pungkasnya.

Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan, pada akhir kegiatan Anggun juga mengingatkan kepada anggotanya agar selalu berhati-hati dalam penggunaan senpi, Supaya anggota kedepan juga harus terus merawat dan menjaga kebersihan senpi, serta memperhatikan kelengkapan suratnya,” kata Wakapolres.

Pewarta : Ahmad Saifudin