Cangkru’an Kamtibmas, Kapolres Batu: Jogo Kutho Batu untuk Indonesia Damai

Kapolres Batu
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK berfoto bersama Kepala SMA/SMK serta ketua Osis dan pelajar. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Dalam rangka menjalin tali silaturahim untuk menjaga kondusifitas kamtibmas Kota Batu, serta mewujudkan motto “Jogo Kutho Batu Jogo Jawa Timur”, Kapolres Batu AKBP, Harviadi Agung Pratama, SIK, MIK berserta jajarannya mengadakan kegiatan acara Cangkru’an Kamtibmas, Sabtu (12/10/19).

Acara berlangsung di Taman Langit Gunung Banyak, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Nampak hadir Kepala Dinas Pendidikan, Kepala SMA/SMK serta ketua Osis dan pelajar se-wilayah hukum Polres Batu.

Giat itu dihadiri sekitar 35 kepala sekolah SMA/SMK, 70 ketua OSIS serta pelajar se-Kota Batu, Pujon, Ngantang, dan Kasembon.

Walaupun sederhana, suasana nampak terlihat begitu hangat penuh keakraban dan kekeluargaan. Di isi dengan perkenalan Kapolres, Himbauan, motivasi kepada pelajar, kepala sekolah, serta diakhiri menyanyi bersama siswa-siswi yang hadir.

Di hadapan AKBP Harviadi yang pernah bertugas di Sepritim Mabes Polri 2013-2015, puluhan ketua OSIS dan pelajar juga mengucapkan pernyataan sikap:

  1. Tidak akan ikut aksi demo dalam bentuk apa pun.
  2. Menolak segala bentuk tindakan anarkis.
  3. Kami cinta damai.
  4. Kami sanggup menjaga dan menciptakan situasi yang damai aman dan kondusif.
  5. Indonesia satu, NKRI Harga Mati.
  6. Jogo Kuto Batu Jogo Jawa Timur

Harvi, sapaan akrab Kapolres Batu yang pernah bertugas sebagai Kasubdit Reg Ident Polda Jatim, didampingi Kapolsek Pujon, AKP Budi dan Kasubag Humas Polres Batu, Ipda Yudhistiro mengatakan, sengaja menginisiasi Cangkru’an Kamtibmas bersama Dinas Pendidikan, kepala sekolah, ketua OSIS dan pelajar.

“Yang mana tujuannya untuk bersama-sama mendukung tugas kepolisian dan memelihara kamtibmas, agar Kota Batu yang sudah kondusif semakin terpelihara kondusifitasnya,” katanya

Selain itu, Harviadhi juga memotivasi agar para pelajar selalu melakukan kegiatan positif dan menciptakan prestasi membanggakan menjadi generasi milenial harapan bangsa.

“Kami sengaja mengajak semua yang hadir untuk menjaga Kota Batu yang sudah sejuk menjadi semakin sejuk, ya salah satunya melaui giat di bidang masing masing,” ungkap dia.

Kepala SMA/SMK serta ketua Osis dan pelajar
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama, SIK, MIK saat memberikan sambutan pada kegiatan Cangkru’an Kamtibmas.

Alumnus Akpol 2001 ini juga berharap, kepada kepala sekolah untuk bisa mendidik dan membangun semangat bagi pelajar SMA/SMK di wilayah hukum Polres Batu dalam menata masa depannya.

“Saya juga mengimbau seiring dengan perkembangan zaman yang seakan tanpa batas, memiliki peralatan canggih seperti handphone. Mari bersama-sama mengawasi adik-adik dan anak-anak kita, supaya mereka bisa menggunakan kecanggihan alat tersebut secara bijak, dewasa dalam kendali dan perhatian dari orang tua, guru dan juga kepala sekolah,” papar dia.

Tujuannya, Ia tegaskan, agar tidak melanggar norma hukum, agama maupun kesusilaan, serta tidak merugikan diri mereka sendiri, seperti contoh ada satu siswa SMA yang pernah memposting di HP-nya konten memprovokasi pernah dimintai keterangan oleh Polres Batu.

“Perlu diketahui pula, bahwa Polres Batu memilk aplikasi Cyber Crime untuk menangani segala permasalahan di wilayah hukum Polres Batu, lanjut orang nomor satu di jajaran Polres Batu itu.

Kasat Binmas AKP Diana Puji Astuti menambahkan, agenda cangkru’an bersama masyarakat Kota Batu yang leading sektornya bidang Binmas dan Intel Polres Batu tersebut menjadi ajang yang baik dalam menyampaikan sosialisasi motto dari Polres Batu “Jogo Kuto Batu Jogo Jawa Timur”.

“Kegiatan tersebut akan intens kami agendakan bersama bapak Kapolres, agar masyarakat secara sadar bisa mendukung tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di lingkupnya masing masing,” tandasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo