Bentuk Tim, Satpol PP Tindak Tegas Toko Modern Tak Berizin

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pemerintah Kota Batu M. Noer Adhim, saat diwawancarai awak media soal toko modern di Kota Batu yang tidak memiliki izin. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pemerintah Kota Batu, M. Noer Adhim, saat diwawancarai awak media soal toko modern di Kota Batu yang tidak memiliki izin. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Maraknya toko modern di Kota Batu kian menjamur, hal itu di ketahui kala Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perizinan Pemkot Batu melakukan sidak ke beberapa toko modern beberapa waktu lalu.

Hasilnya, beberapa toko modern seperti Indomaret dan Alfamart diketahui tidak memiliki izin, baik izin operasional maupun Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Ironisnya, bahkan beberapa diantaranya juga ditentang warga.

Meski telah diwartakan berulang kali di beberapa media, namun pada kenyataannya toko modern itu tetap beroperasional meski tidak mengantongi izin sekalipun.

Hal itu setidaknya diakui Kasatpol PP Pemkot Batu, M. Noer Adhim. Ia membenarkan soal toko modern di Kota Batu yang tidak memiliki izin operasional, maupun Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Terkait banyaknya toko modern yang tidak memiliki izin di Kota Batu seperti Indomaret dan Alfamart memang ada. Tapi Satpol PP tetap bertindak tegas. Artinya, kami (Satpol PP) selalu memberikan peringatan berupa teguran, itu salah satunya,” kata Adhim sapaan akrabnya, Rabu (31/7/19) saat ditemui Malang News di ruang kerjanya.

Namun, Adhim juga tak menampik bila mana ada toko modern yang di maksud (tidak berizin) tetap beroperasional. Maka, Satpol PP Pemkot Batu bakal bertindak tegas sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Ya, pastinya tetap kami tindak tegas. Kalaupun masih terus beroperasi, sudah barang tentu pasti kami lakukan penindakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” ujar dia.

Dijelaskan olehnya, untuk penindakan tidak serta merta bisa langsung menyegel, karena harus melalui beberapa proses dan prosedur berdasarkan perda dari Pemkot Batu.

“Menyoal hal itu, kami (Satpol PP) juga masih harus menunggu bukti-bukti dan data-data dari Dinas Perizinan. Kalaupun terbukti (tidak memiliki izin), maka sudah barang tentu pasti akan kita lakukan penindakan,” tegasnya.

Mantan Camat Junrejo ini juga mengaku, bahwa sudah membentuk tim untuk melakukan pengawasan dan pembinaan di lapangan. Hal itu dilakukan, bila mana diketahui toko modern yang tidak berizin.

“Salah satunya pengawasan Indomaret di area SPBU Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji yang ditolak warga setempat dan Aparatur Desa,” pungkasnya.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo