Alumni LASMI Angkatan lV, Gelar Silaturahmi

Alumni LASMI Angkatan lV, saat bersilaturahmi ke kediaman Yunanto mantan wartawan Malang Raya, di
Alumni LASMI Angkatan lV, saat bersilaturahmi ke kediaman Yunanto mantan wartawan senior Malang Raya, di Perumahan Karangduren Permai, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

MALANG NEWS – Momen Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah rupanya dimanfaatkan Alumni LASMI angkatan IV untuk bersilaturahmi ke kediaman Yunanto, mantan wartawan senior Malang Raya. Terbukti, acara yang bertempat di Perumahan Karangduren Permai, Blok E-22, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, pada Minggu (16/6/19) siang ini, dihadiri beberapa dari alumni.

Wakil Ketua “Lembaga Supremasi Media Indonesia” (LASMI 2005) Yunanto mengatakan, bahwa salah satu peran jurnalis adalah turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, yakni khalayak komunikan medianya.

“Peran para jurnalis sangat strategis. Mereka ikut berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui tulisan-tulisannya, jurnalis menyampaikan pesan-pesan kearifan kepada masyarakat luas,” kata alumni Sekolah Tinggi Publisistik – Jakarta itu saat ditemui di kediamannya.

Ia menututurkan, para jurnalis, sebetulnya telah mengambil peran para guru dan para pendidik tradisional dalam mencerdaskan bangsa.

Menurutnya, tugas mencerdaskan bangsa itu, lebih banyak dijalankan oleh para jurnalis.

“Tugas mencerdaskan kehidupan bangsa banyak dijalankan oleh para jurnalis. Itu adalah pekerjaan mencerdaskan kehidupan bangsa yang paling banyak dilakukan oleh mereka,” ujar mantan wartawan Harian Sore “Surabaya Post” (1982-2002) itu.

Kendati demikian ia tegaskan, jurnalis juga harus waspada terhadap tiga hal.

“Kita sebagai jurnalis harus waspada dan hati-hati dalam konotasi positif terhadap tiga golongan manusia. Rincinya, mereka yang punya kekuasaan, mereka yang punya kekuatan finansial (uang), dan mereka yang punya massa,” pungkas Yunanto.

Ditempat yang sama Yahya, salah satu Alumni LASMI mengaku sangat mengapresiasi acara silaturahmi tersebut.

“Ini sebagai bentuk rasa kekompakan kita sesama alumni. Melalui ajang silaturahmi ini kita bisa saling berjabat tangan satu sama lain. Selain itu, kita juga bisa menimba ilmu kepada Bapak Guru Yunanto,” ungkap pria berdarah Madura ini.

Hal senada juga diungkapkan Ahmad, dirinya mengaku sangat mendukung atas digelarnya kegiatan tersebut.

“Saya pikir ini acara yang positif sekali ya, sebab setelah lebaran kemarin kami (sesama alumni) tidak sempat untuk saling berjabat tangan, dikarenakan ada kesibukan masing-masing. Jadi ya, lewat acara ini kami semua dapat langsung bersilaturahmi, terutama kepada Bapak Yunanto,” tandas dia.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo