5 Tips Agar Otak Makin Cerdas Meskipun Sedang Di Perjalanan

Ilustrasi penumpang sedang beraktifitas untuk mencerdaskan otak meskipun sedang di perjalanan (Sumber : Dok. Google)

MALANG-NEWS.COM – Hampir mayoritas orang di kota-kota menghabiskan waktu cukup lama sampai berjam-jam di transportasi ketika pulang pergi ngantor, maupun belanja. Bahkan biasanya ketika di bus atau kereta banyak yang menghabiskan waktunya untuk tidur.

Padahal dalam perjalanan panjang yang menghabis waktu cukup lama, terdapat suatu kesempatan untuk mempertajam otak seperti yang di sampaikan oleh dokter Liron Jacobson asal London.

Dilansir Daily Mail, selasa (25/09/2018) berikut kami sajikan 5 (Lima) saran liron agar otak semakin cerdas dan tajam yang bisa dilakukan selama perjalanan di bus maupun kereta api.

1. Buat Perencanaan Hari Ini

Saat duduk di kereta atau bus, ini bisa jadi kesempatan untuk menuliskan rencana hari itu, catet yang akan kamu lakukan, serta perasaan negatif yang muncul memulai hari. Saat pulang, bisa juga menuliskan aneka hal positif berlangsungnya tadi. Karena dengan mencatat jurnal seperti ini, memaksa anda dan memaksimalkan ingatan.

2. Belajar Hal Baru

Sebagian dari kita senang mempelajari hal baru atau meningkatkan kualitas diri, anda bisa melalukan hal ini di dalam bus maupun kereta. Ketika memgembangkan hal baru itu bisa perkuat jalur saraf otak.

3. Latihan Meditasi

Ketika melewati rute yang sama setiap hari, coba berpikir hal berbeda misal, dengan melihat jendela dan memperhatikan secara detail yang ada di luar.

Latihan meditasi seperti ini terbukti mengurangi stres dan kecemasan, sebuah cara yang baik untuk bersantai saat menempuh perjalanan.

4. Melakukan Hobi

Merajut hobi lain selama di perjalanan juga sebagai salah satu meditasi, stres atau kecemasan bisa berkurang ketika melakukan hal ini.

5. Game Menantang

Saat kini sudah tersedia banyak game yang melatih otak, memainkan game hitungan atau logika akan membuat otak semakin tajam.

Itulah 5 (Lima) tips untuk mempertajam otak ketika dalam perjalanan di bus maupun kereta, jangan biarkan kita tertidur pulas, karena bisa menyebabkan otak lemas disebabkan banyaknya tidur. (Sac)