​Peringati HUT RI Ke-72, Polres Batu Kibarkan Bendera Merah Putih Di “Basundara” Gunung Panderman

Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto bersama tim Cansabalas saat tengah latihan melibat bendera raksasa
Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto bersama tim Cansabalas saat tengah latihan melipat bendera raksasa

MALANG-NEWS.COM – Semarak momen kemerdekaan RI ke-72 di Kota Batu nampaknya akan berlangsung meriah. Pasalnya akan ada prosesi pengibaran bendera sang saka merah putih berukuran raksasa di Puncak Basundara, Gunung Panderman Kota Batu.

Hal ini dibenarkan Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto mengatakan, bahwa prosesi pengibaran yang sudah menjadi agenda tradisi tahunan ini ditujukan untuk menyambut HUT RI Ke-72.

Selain itu, untuk mengukuhkan kesadaran bahwa Indonesia itu satu kesatuan, berlatar belakang majemuk. “Jangan sampai ada perbedaan yang menyulut perpecahan. Kita adalah satu-kesatuan,” ungkapnya kepada Wartawan, Selasa (15/8/17).

Dikatakan Buher sapaan akrabnya, prosesi pengibaran ini juga melibatkan sejumlah lima personil Polres Batu.

Bersama sejumlah 200 partisipan lain, terdiri dari anggota ‘Macan Saba Alas’ (Cansabalas) Adventure, dan beberapa perwakilan siswa tingkat menengah atas Kota Batu.

Sebelum itu, Polres Batu bersama Cansabalas Adventure menggelar latian pelipatan bendera, bertempat di lapangan bola Kusuma Agrowisata, Selasa (15/8/17).

Buher melanjutkan, tim pengibar akan berangkat pada Rabu (16/8/17) besok, dimulai dari titik awal keberangkatan di Alun-Alun Kota Batu, pada 08.00 Wib

“Nanti saya akan memimpin kirab bendera di titik awal keberangkatan, sebelum tim ini lanjut pendakian,” paparnya.

Ukuran bendera dikatakan Buher, memiliki luasan 1000 m², dengan ukuran panjang 40 meter dan lebar 25 meter.

Nanti sekembalinya tim pada hari Kamis (18/8/17), mereka akan mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia (Lekprid). “Piagam dan medali berkaitan dengan ekspedisi ini,” jelasnya.

Prosesi pengibaran akan melibatkan sejumlah 200 orang. Terdiri dari anggota ‘Macan Saba Alas’ (Cansabalas) Adventure, beberapa perwakilan siswa tingkat menengah atas dan personil kepolisian Kota Batu.