​Pemkot Batu Melalui Dinas Kesehatan, Gratiskan Biaya Persalinan

drg. Kartika TS. Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu
drg. Kartika TS. Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu

Batu, MALANG-NEWS.COM – “Urip di Kota Wisata Batu kudu gratis”, kata-kata yang sering di ungkapkan oleh walikota Batu Eddy Rumpoko di setiap kegiatan.

Kata-kata gratis, juga berlaku bagi ibu hamil yang tercatat sebagai warga Kota Batu yang melahirkan atau melakukan  persalinan.

Menurut drg Kartika Kepala Dinas Kesehatan kota Batu di temui awak media di kantornya, Rabu (2/8/17) mengatakan bahwa mulai bulan Januari 2017 bagi ibu hamil yang melahirkan mendapatkan pelayanan persalinan gratis.

Pada tahun 2017 ini, Dinas Kesehatan Pemerintah kota Batu, lewat kebijaksanaan dari Walikota Batu bapak Eddy Rumpoko sudah menganggarkan biaya persalinan untuk 3100 ibu melahirkan. Jumlah tersebut berdasarkan perkiraan jumlah ibu melahirkan di tahun 2017 ini.

Tentunya ada persyaratan yang harus di miliki oleh warga kota Batu mendapatkan biaya persalinan secara gratis. Semisal harus memiliki KTP kota Batu, buku nikah, KIA serta rutin memeriksakan kehamilannya di puskesmas.

Biaya persalinan di berikan gratis untuk proses persalinan,  baik itu persalinan normal maupun secara operasi. Akan tetapi untuk proses persalinan secara operasi tidak serta merta di berikan atas permintaan ibu hamil. Proses persalinan secara operasi di berikan biaya gratis dengan catatan ada indikasi tidak bisa melahirkan secara normal dan membutuhkan proses operasi saat persalinan. Semisal bagi ibu hamil yang memiliki pinggang sempit ataupun sungsang (posisi bayi yang tidak normal). Dan yang menentukan proses persalinan secara operasi adalah dokter yang ada di puskesmas.

Sampai akhir bulan Juni 2017 ini, sudah ada sekitar 63 ibu hamil yang mendapatkan biaya persalinan secara gratis dari Dinas Kesehatan Pemerintah kota Batu, imbuhnya.