Upacara Detik-Detik Proklamasi Di Stadion Brantas Kota Batu, Berlangsung Meriah

Walikota Batu, mengajak pejabat pemkot Batu, Kapolres, Dandim, Forkompinda dan Wartawan saat berfoto bersama usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi
Walikota Batu, mengajak pejabat pemkot Batu, Kapolres, Dandim, Forkompinda dan Wartawan saat berfoto bersama usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi

 
MALANG-NEWS.COM – Upacara Detik-Detik Proklamasi bertempat di Stadion Gelora Brantas Kota Batu. Kamis (17/8/17) berlangsung khidmat dan meriah. Pasalnya terdapat suguhan drama tari Srikandi Senopati yang menghibur para peserta usai pelaksanaan upacara. Sebanyak 1.300 penari dari pelajar dan guru terlibat langsung dalam pagelaran tari kolosal tersebut.

Semarak berlanjut dengan pertunjukan tari kolosal Menyulam Merah Putih. Ratusan orang dari berbagai unsur diantaranya Linmas dan Ormas di Kota Batu terlibat membawa panji bendera Merah Putih.

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko memimpin langsung upacara, yang dihadiri ribuan orang, yakni, mulai pelajar hingga lansia.

Sepanjang upacara, seluruh peserta  menyaksikan para pelajar SMPN 1 Kota Batu membentuk konfigurasi kata-kata, seperti NKRI Harga Mati, Tetap Semangat, Kota Wisata Batu, dan Dirgahayu RI 72

Setiap siswa memegang kertas warna tertentu: merah, putih, hijau dan bergerak beraturan membentuk konfigurasi kata. Ini tak hanya menjadi pemandangan yang menarik, namun juga kekompakan dalam membentuk konfigurasi.

Nuansa Indonesia pun terlihat dalam busana yang dikenakan para ASN Pemerintah Kota Batu. Berbagai baju adat nusantara dikenakan mereka. Pun yang dikenakan Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo saat bertugas membacakan teks Proklamasi.

Dalam wawancaranya bersama awak media, Walikota Batu Eddy Rumpoko mengatakan, Alhamdulillah berkat partisipasi dari pihak elemen masyarakat, baik pejabat dan semuanya yang terlibat dalam upacara detik-detik proklamasi ini. Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kota Batu mengucapkan terima kasih.

Bangsa ini harus mencintai pancasila dan NKRI di tumbuhkan kepada masyarakat, terutama generasi muda. Harapannya kepada semua generasi muda, agar lebih menghargai, mempunyai jiwa nasionalisme dalam memaknai HUT RI ke-72 ini, kata ER

Sekedar diketahui, bahwasanya serangkaian kegiatan acara masih akan digelar. Resepsi Ulang Tahun RI yang berlangsung malam nanti, akan dimeriahkan oleh penyanyi Rio Febrian. Masyarakat Kota Wisata Batu dapat menyaksikan langsung di panggung terbuka, yang berada di halaman Balai Kota Among Tani.