​Ini Harapan Ketua DPRD Kota Batu, Di Momen Kemerdekaan RI Ke-72

Cahyo Edi Purnomo, Ketua DPRD Kota Batu saat tengah berziarah ke TMP, dalam momen HUT RI ke-72
Cahyo Edi Purnomo, Ketua DPRD Kota Batu saat tengah berziarah ke TMP, dalam momen HUT RI ke-72

MALANG-NEWS.COM – Minimnya publikasi dan informasi perjuangan pahlawan lokal asli Batu dan nama-namanya dikeluhkan oleh DPRD Batu. DPRD berharap Pemkot Batu dalam hal ini dinas terkait segera melakukan pendataan ulang serta menelusuri informasi tersebut supaya diketahui masyarakat secara luas dan lengkap.

Sebenarnya banyak pahlawan lokal yang sangat berjasa didalam masa kemerdekaan. Seperti Bejo, Sudiro, Darsono dll. Tetapi masyarakat Batu jarang mengetahuinya.

“Saat ini masih sangat minim informasi pahlawan lokal kepada masyarakat. Saya khawatir jika jas merah terlupakan oleh generasi mendatang,” keluh Ketua DPRD Batu, Cahyo Edi Purnomo usai Upacara HUT RI ke 72 di Stadion Brantas, Kamis (17/8/17).

Cahyo berharap Pemkot Batu segera menunjuk dinas terkait untuk segera mungkin membuat literasinya. Untuk biaya kegiatan ini, menurut Cahyo tidak masalah.
Tujuannya supaya masyarakat dan generasi berikutnya terus menginggat jasa pahlawan lokal dalam meraih kemerdekaan.

“Harus segera, cari narasumber yang terpercaya untuk melengkapi data. Namanya siapa, perjuanganya sejauh mana dan gugurnya,” tukas politisi PDIP ini.

Sehingga, Cahyo berharap, generasi berikutnya mengetahui secara lengkap cerita perjuangan melawan penjajah. Jangan sampai perjalanan sejarah dilupakan oleh generasi bangsa.

“Perjuangan pahlawan jangan sampai dilupakan, gunanya semangat mereka kita contoh dalam pembangunan bangsa dan negara,” tegas Cahyo.

Ditempat yang sama, Ketua LVRI Batu, Handri Israwan mengapresiasi perhatian DPRD Batu. Handri berharap hal tersebut segera diwujudkan oleh Pemkot Batu supaya perjuangan rekan-rekannya tidak hilang dimakan waktu.

“Itu memang sangat penting, jasa dan perjuangan pahlawan jangan sampai dilupakan. Generasi penerus harus mencontoh kegigihan semangat, pengorbanan jasa pahlawan terdahulu” ungkapnya.

“Kami veteran siap membantu,” sambungnya.