​DPD Partai Perindo Kota Batu, Bakal Somasi DPP Pusat

Kader DPD Partai Perindo Kota Batu, Yang Bakal Somasi DPP Pusat
Kader DPD Partai Perindo Kota Batu, Yang Bakal Somasi DPP Pusat

Batu, MALANG-NEWS.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kota Batu bakal somasi Dewan Pimpinan Pusat Wilayah (DPP) pusat.

Pasalnya DPP Perindo Pusat menunjuk Ketua baru dari luar kader. Sehingga membuat DPD Perindo Batu meradang dan kian memanas.

Wakil Ketua Bagian Organisasi Perindo Batu, Slamet Hariono, konflik di internal partai tersebut berawal ketika Ketua yang lama yakni, Tedjo Utomo mengundurkan diri pada tanggal 1 Mei 2017 silam.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, lantas DPP memerintahkan DPD Batu untuk secepatnya memiliki ketua yang baru.

“Ya DPD Kota Batu, setelah mengusung beberapa calon ketua yang semuanya berasal dari kader Perindo Batu. Tapi, dari 6 calon yang diusung terdebut, salah satunya Siti Mariam yang bukan berasal dari kader Partai Perindo, melainkan dari partai Gerindra,” jelasnya.

“Tanpa adanya verifikasi dari DPD dan pemberitahuan, DPP Perindo Pusat menunjuk dan memilih Siti Mariam menjadi ketua untuk mengisi kekosongan ketua,” imbuh Slamet Hariono, di Kantor Perindo Kota Batu, jalan Anjasmoro, Rabu (19/7/17)
Ia menambahkan, berdasarkan keputusan itu, membuat seluruh kader Perindo Batu yang lama kaget dan kecewa. Lantaran mereka mempertanyakan keputusan DPP kenapa bukan berasal dari kader.

“Ya karena keputusan DPP itulah membuat kami kecewa, karena Siti Mariam bukan kader Perindo, kenapa bisa ditunjuk oleh DPP…?? Tanya dia, Jadi jerih payah kami dalam membangun Perindo Batu selama dua tahun ini tidak dihargai sama sekali. Untuk itu, kami semua sudah bertekad akan mensomasi DPP Pusat,” papar Slamet dengan kesal.

Maka dari itu, menurutnya, kader Perindo seperti dicampakkan begitu saja dan tidak dihargai perjuangannya. Padahal menurut dia, dalam berjuang membesarkan partai mulai dari nol hingga terbentuk 24 ranting dari ke 3 DPC, itu dengan ekstra penuh perjuangan. Namun anehnya lagi, seluruh teman-teman Perindo baik kader dan pengurus tidak ada yang difungsikan. Sedangkan dia (Siti Mariam), telah membuat dan membawa gerbong sendiri.

“Pada dasarnya bukan kami ingin pembatalkan keputusan dari DPP, yang mana telah menetapkan Siti Mariam sebagai ketua. Akan tetapi kami hanya ingin dihargai, karena terkesan saat ini kami semua di ibaratkan sebagai sampah yang tak berguna,” sesalnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekertaris DPD Perindo Batu, Mardi Setia Ningsih, menurut dia, dalam hal ini seharusnya ada konfirmasi dan kordinasi dari DPP untuk memutuskan Siti Mariam menjadi ketua pada tanggal 17 Juli 2017 kemarin.

“Sesuai kesepakatan bersama, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi akan secepatnya melayangkan surat somasi kepada DPP Pusat. Kami memiliki hak asasi dalam berorganisasi, ini negara hukum tertulis, bukan hukum opo jarene (apa katanya),” ungkapnya.