​Atlet Judo M. Kevin Firmansyah, Bikin Bangga Polres Batu

Bripda M. Kevin Firmansyah (kedua dari kanan), saat menerima penghargaan dari Kapolres Batu
Bripda M. Kevin Firmansyah (kedua dari kanan), saat menerima penghargaan dari Kapolres Batu

MALANG-NEWS.COM – Bripda Mohammad Kevin Firmansyah menjadi anggota polisi yang punya prestasi di bidang olahraga judo. Pria anggota Sabhara Polres Batu ini baru saja meraih prestasi ditingkat internasional. Yakni meraih juara 3 International Bali Open 2017.

Sejak lima tahun terakhir, remaja 19 tahun ini sudah mengumpulkan banyak prestasi. Antara lain juara 1 Kejurda se-Jatim tahun 2012-2016. Lalu juara 3 Sirkuit Judo 2013, juara 1 PON remaja pada tahun 2014 lalu.

Catatan prestasi lainnya adalah juara 2 international Bali Open 2015, juara 1 Sirkuit Judo tahun 2014, juara 3 Popnas Jatim tahun 2015. Termasuk juara 2 Porprov Jatim 2015 dan juara 3 International Bali Open 2016.

Kevin memulai kegiatannya dibidang judo sejak usia 12 tahun. Keinginannya mengikuti olahraga ini terinspirasi dari ayahnya, Dodik Triadi Firmanto yang juga atlet judo.

Karena dilatih oleh ayahnya sendiri yang seorang atlet, Kevin langsung juara pertama ketika pertama kali mengikuti kejuaraan judo.

“Sejak kecil saya terus aktif latihan dan ikut kejuaraan judo sampai sekarang menjadi polisi. Karena orangtua juga memberikan restu. Di tengah rutinitas menjadi polisi, selalu menyempatkan latihan,” ujar alumus SMANOR (SMA Negeri Olah Raga) Sidoarjo ini.

Anak sulung dari dua bersaudara ini mendapatkan berbagai pengalaman ketika berada di tengah pertandingan.

Misalnya saat menghadapi lawan dari Uzbekistan di kejuaraan Bali Open Internasional. Kevin harus berpikir keras dan memilih strategi jitu mengalahkan lawannya yang memiliki badan kekar.

“Pengalaman yang tidak terlupakan dapat lawan berbadan kekar. Tapi tetap percaya diri dan berusaha mencari titik lemah lawan,” ungkap pria kelahiran 17 Desember 1998 usai menerima penghargaan  dari Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto di Polres Batu.

Saat ini anak pasangan Dodik Triadi Firmanto-Neny Wuryani Indah Jaya ini sedang disibukkan menjalani TC (Training Center) di Polda Jatim. Selasa (15/8/17)

Sebab pada Agustus 2017 mendatang ia akan mengikuti pertandingan Piala Kapolri dan Ibu Asuh Tahun 2017 di Jakarta. Ia menjadi salah satu atlet perwakilan dari Polda Jatim.

“Harapannya pertandingan nanti bisa dapat emas,” harap pria asli Mojokerto ini.

Sementara itu rasa bangga juga turut dirasakan Kapolres Batu AKBP Budi Hermanton, ia mengungkapkan, “Ya saya sebagai Kapolres merasa bangga, karena ada anggota kami yang berprestasi. Dan semoga bisa mempertahankan prestasi tetsebut kedepanya,” ungkap Alumnus Akpol angkatan 2000 ini.