“Woman Futsal Tournament” Sukses Digelar, DPC PWRI Bakal Promosikan KWB Lewat Seni Fotografi

Suasana digelarnya
Suasana digelarnya “Woman Futsal Tournament” tingkat SMA/SMK, dalam rangka menyambut HUT Kota Batu ke-18 di Gor Gajahmada Batu. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Berbagai inovasi, kreativitas dan program dilakukan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Batu. Salah satunya dengan menggelar “Woman Futsal Tournament” (turnamen futsal wanita)

Kejuaraan futsal wanita tingkat SLTA sederajat se-Kota Wisata Batu itu dalam rangka menyambut HUT Kota Batu ke-18 tahun 2019, di GOR Gajahmada, Kota Batu. Sabtu 12-19 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK, MIK (diwakilkan), Ketua DPRD Batu Asmadi, Kajari Batu, Ketua Koni Batu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Ketua PWRI Kota Batu, dan anggota beserta para undangan lainnya.

Even tersebut merupakan kali kedua. Diikuti 20 klub dari sejumlah SLTA (SMA, SMK dan sederajat). Turnamen itu menggunakan sistem setengah kompetisi dan sistem gugur di delapan besar.

“Ini merupakan cikal bakal dari liga futsal wanita yang pertama diadakan di Kota Batu. Untuk tahun kemarin itu, “Woman Mini Soccer”, dan sekarang adalah “Woman Futsal Tournament”. Kami mencari bibit yang bertalenta untuk diikutkan ke Porprov pada 2021 di Jawa Timur yang akan dilaksanakan di Jember,” kata M. Syahrul Huda, S.Ikom, disela-sela kegiatan, Sabtu (12/10/19).

Dengan digelarnya kegiatan tersebut, lanjut dia, akan timbul dan muncul talenta-talenta atlet di dalam bidang sepakbola, khususnya perempuan.

“Nanti, kami kirimkan mewakili Kota Batu. Bahkan mewakili Jawa Timur dan Nasional di kancah futsal Indonesia,” jelasnya.

Kabiro Bidik News yang juga seorang fotografer model ini menambahkan, untuk kategori usia, karena ini yang pertama tidak ada patokan.

“SMA maupun SMK untuk batas usianya mulai 16 sampai 19 tahun. Dari 20 tim itu, dari 18 SMA atau SMK se-Kota Batu ada yang ikut dua, sebagian satu. Karena ini merupakan cikal bakal bentukan dari liga futsal untuk even tahun ini. Kami mengacu pada tahun yang akan datang itu sudah terbentuk liga yang akan langsung disponsori oleh PSSI. Jadi, kami bisa bekerja sama dengan PSSI lagi untuk even kedepannya,” ungkap dia.

Ketua DPC PWRI Kota Batu
Ketua DPC PWRI Kota Batu M. Syahrul Huda, S.Ikom saat memberikan sambutan pada Turnamen Futsal Wanita tingkat SMA/SMK.

Diungkapkan pula untuk even selanjutnya DPC PWRI juga bakal mendukung program Pemerintah Kota Batu pada sektor pariwisata, utamanya wisata alam.

“Sesuai dengan slogan dari Walikota Batu ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’. Ke depan kami bakal menggelar even promosi wisata alam dan wisata desa yang ada di Kota Batu. Tujuannya, untuk dapat mengenalkan potensi wisata secara nasional maupun internasional, melalui seni fotografi dengan mendatangkan para fotografer dan model,” ungkap dia.

Syahrul optimistis, even promosi wisata lewat seni fotografi dapat menambah tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Wisata Batu.

“Ya, bagaimana tidak. Tentunya tidak dapat kita pungkiri. Pasalnya, selama ini potensi wisata yang ada di Kota Wisata Batu semuanya bakal menjadi bagus bila saja dikelola secara baik pula. Sedangkan jika dipromosikan melalui seni fotografi, maka niscaya lebih dikenal luas. Baik di kancah nasional maupun internasional,” bebernya.

Sarjana Ilmu Komunikasi UMM Malang ini berharap potensi wisata di Kota Batu dapat berkembang pesat seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan tiap tahunnya yang semakin bertambah pula.

“Tentunya dalam hal ini, peran serta masyarakat Kota Batu dan Pemerintah setempat harus terjalin sinergitas yang baik. Artinya, demi terwujudnya itu semua (Pariwisata) dibutuhkan peran serta dan dukungan dari semua pihak, seperti slogan dari Ibu Walikota Batu “Desa Berdaya Kota Berjaya”, pungkasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo