Polres Batu Kurban 5 Sapi dan 29 Kambing, Kapolres Budi: Kami Salurkan Kepada Masyarakat

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, saat tengah menyerahkan hewan kurban berupa sapi kepada panitia kurban Polres Batu
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, menyerahkan hewan kurban berupa sapi kepada panitia kurban yang disaksikan langsung PJU Polres Batu.

MALANG NEWS – Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, mewakili Polres Batu menyumbangkan hewan kurban berupa sapi 5 ekor dan kambing 29 ekor.

Kapolres Batu sebelumnya juga melaksanakan salat Idul Adha bersama masyarakat di halaman Mapolres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Minggu (11/8/19) pagi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 H kali ini bertemakan “Dengan nilai ibadah kurban, kita tanamkan semangat dan ketulusan dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara”.

Dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Batu, Perwira beserta Anggota, Bhayangkari Cabang Batu, Toga, Tomas, serta diikuti kurang lebih 1.000 Jama’ah dari warga masyarakat setempat.

Dalam pernyataannya, Kapolres Batu mengajak kepada semua masyarakat Kota Batu untuk memaknai Hari Raya Idul Adha dengan berkurban.

“Pada Hari Raya Idul Adha ini kita harus memaknai, bahwa masyarakat harus memiliki semangat untuk berkurban. Hidup dengan tubuh yang sehat dan rezeki yang mencukupi adalah nikmat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan berkurban, rasa syukur atas limpahan rezeki yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT dapat mewujud,” ujar Buher sapaan akrabnya.

Menurut Budi Hermanto, dengan semangat berkurban akan membantu kita khususnya sesama umat muslim untuk mengantarkan kepada suasana kebersamaan, dan meringankan beban saudara kita, dengan bersedekah.

“Ya, salah satunya dengan bersedekah. Sebab, ibadah kurban menjadi bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah SWT karena perintah berkurban telah termaktub dalam Al-quran. Selain itu kebersamaan di tengah masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga keharmonisan,” kata Alumnus Akpol 2000 ini.

Mantan Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan ini menambahkan, bahwasanya ia selalu memiliki tradisi berkurban seperti pada tahun-tahun yang sebelumnya.

“Seperti pada tahun lalu. Itu semua sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, atas kenikmatan yang diberikan Tuhan harus disyukuri. Oleh sebab itu hari ini kami (Polres Batu) berbagi kebahagiaan dengan berkurban,” terang dia.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, saat tengah mengikuti Sholat Idul Adha bersama warga masyarakat
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, saat tengah mengikuti Sholat Idul Adha bersama warga masyarakat di halaman Mapolres setempat.

Selanjutnya, Kapolres Batu menyerahkan hewan kurban tersebut kepada panitia kurban Polres Batu. Nantinya, oleh pihak Panitia Polres Batu akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Penyembelihan hewan kurban tersebut disaksikan langsung Kapolres Batu bersama para PJU (Pejabat Utama) Polres Batu, yang bertempat di samping halaman Masjid Roudlotul Amni Polres Batu.

“Alhamdulillah Polres Batu pada Hari Raya Idul Adha kali ini menyembelih sebanyak 5 ekor sapi dan 29 ekor kambing. Daging kurban ini kami salurkan kepada masyarakatan yang ada disekitar Polres Batu” terang Kapolres Batu.

Hewan kurban yang terkumpul itu tidak semuanya disembelih, ada 1 ekor sapi yang diserahkan ke Ponpes Ar Ridluwan Mojorejo, dan 10 ekor kambing ke beberapa Mushola, Masjid, Ponpes dan Sekolahan di sekitar Polres Batu.

Tak lupa Buher juga berpesan kepada panitia kurban yang ada di Kota Batu, untuk peduli kepada lingkungan dengan tidak menggunakan kantong plastik dalam pendistribusian daging kurban.

“Mari kita bersama-sama ikut perduli atas pelestarian lingkungan, dengan tidak menggunakan kantong plastik. Karena bahan tersebut tidak bisa diurai, sehingga dalam pendistribusian daging kurban harus menggunakan besek dan daun jati tanpa kantong plastik dan tali rafia,” pesannya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo