Pelajar SMA Se – Malang Raya ikuti  Seminar Pemilu Bagi Generasi Mileneal

MALANG-NEWS.COM – Mahasiswa Universitas Wisnu Wardhana fakultas hukum tahun akademik 2018-2019 menggelar seminar bertema generasi milineal dalam mensukseskan pemilu 2019 dengan diikuti ratusan pelajar sekolah menengah atas se- Malang Raya.

Suko Wiyono Rektor Universitas Wisnu Wardhana Malang mengatakan , pihaknya akan membantu untuk untuk kesuksesan Pemilu.

“ mahasiswa harus ikut mencoblos, tidak perlu ada TPS di kampus. Sebab, saat ini generasi millenial ada sekitar sekitar 30 juta.

Melalui Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Provinsi, biar sukses, paling tidak di Jawa Timur,” tandasnya, Sabtu,(23/2/2019).

Tegar Aqila ,siswa SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo peserta seminar mengaku dengan adanya seminar mengambil tema peran generasi milineal dalam mensukseskan pemilu 2019 sangat baik karena bisa menambah wawasan bagi kami pemilih pemula .

Selama ini sosialisasi dalam menyikapi pemilu bagi generasi muda sangat minim sekali sehingga acara ini bagian dari pengenalan demokrasi bagi dirinya dan rekan rekannya.

Agus Yuda ,ketua panitia seminar menambahkan bahwa Kegiatan seminar ini sebagai pendidikan politik merupakan agenda dari mahasiswa fakultas hukum Universitas Wisnu Wardhana Malang tahun akademik 2018-2019 dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden para pemilih pemula untuk tidak golput.

Agus Yuda menambahkan ,bahwa pihaknya berkomitmen turut mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi dengan memberikan wadah kepada pemilih pemula untuk memahami arti dari politik bagi bangsa dan negara melalui kegiatan seminar.

Menurut, Agus , paradigma yang berkembang adalah politik itu dipandang dengan sesuatu yang negatif. Oleh karena itu, dengan seminar ini diharapkan merubah paradigma tersebut.

Politik berperan penting dalam pembangunan negara, karenanya para pelajar sebagai pemilih utama juga berkesempatan terlibat dalam pembangunan dengan turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu dengan menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun 2019.

Imam Ropii,salah satu pemateri pemilu dan juga dosen pasca sarjana universitas Wisnuwardhana Malang menambahkan, kegiatan seminar terkait pemilih pemula sangat baik karena ditengah para caleg dalam mensukseskan agar lolos sebagai wakil rakyat ,mereka melupakan para pemilih pemula yang kurang tersentuh.

Seminar yang digagas mahasiswa Universitas Wisnu Wardhana fakultas hukum tahun akademik 2018-2019 ini sangat tepat dalam rangka mendukung pemilu .

” Saya berharap media mensupport bahwa pentingnya pemilu bagi pemilih pemula sebagai literasi pemilu ,agar bisa menggunakan haknya dalam pemilu ,” tukasnya.

Harapannya,mereka setelah mengikuti seminar ini ,mereka sebagai agen agen yang bisa menyampaikan virus positif dalam berpartisipasi pemilu dan menyukseskan pesta demokrasi yang menyenangkan dan pentingnya menggunakan hak berpolitik baik dan benar.(Mad/yon)