Jelang Mutasi ke Polres Kabupaten Blitar, Begini Sosok “Buher” di Mata Anggota

Merasa kehilangan. Kapolsek Batu AKP H. Moh. Luthfi, SH., M.Si, saat diwawancarai awak media soal sosok Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si di mata para anggotanya. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS
Merasa kehilangan. Kapolsek Batu AKP H. Moh. Luthfi, S.H., M.Si, saat diwawancarai awak media soal sosok Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si di mata para anggota. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Publik tau bahwa Polri bertugas melindungi dan mengayomi masyarakat dari segala kriminalitas. Selain itu juga melayani masyarakat, serta menegakkan hukum dengan mengenakan sanksi kepada siapa saja yang melanggar hukum di Indonesia.

Hal itu juga tertuang pada Pasal 30, ayat (4) UUD 1945, yang berbunyi “Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum”.

Namun masyarakat akan dibuat kagum oleh sosok anggota Polri yang sangat peduli terhadap kondisi masyarakat, yang bukan cuma dari sisi keamanan saja, melainkan juga dari semua aspek.

Namanya AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. Siapa yang tidak kenal dengan nama ini, beberapa waktu lalu mau terlibat dan diapresiasi masyarakat Kota Batu, akan aksinya nyemplung kali saat turun langsung membersihkan sampah di sungai bersama tim Sabers Pungli (Sapu Bersih, Nyemplung Kali).

Setelah mendapat banyak penghargaan, yang mana salah satunya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Kapolres Pelopor Peduli Lingkungan yang diraih Polres Batu, atas setiap prestasi yang dilakukannya. Kini Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si bakal di mutasi sebagai Kapolres Kabupaten Blitar.

Belum sampai tiga tahun, tepatnya dua tahun tiga bulan dirinya menjabat sebagai Kapolres Batu, namun banyak hal yang sudah dia lakukan. Menariknya, selain melaksanakan tugas-tugas utama sebagai seorang polisi, alumnus Akpol 2000 itu juga sangat peduli dengan masalah lingkungan dan sosial kemasyarakatan.

Jelang Mutasi ke Polres Kabupaten Blitar, sosok Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K, M.Si di mata Kapolsek Batu AKP H. Moh. Lutfhi, S.H., M.Si begitu arif dan bijaksana, menjadi pimpinannya di Polres Batu.

Kepada semua jajaran di Polres Batu maupun Polsek, ia tidak pernah pilah-pilah atau membatasi. Bahkan, hampir semua anggota merasa kehilangan, atas dedikasinya selama mengemban tugas di Polres Batu.

Setidaknya hal itu seperti yang diutarakan Kapolsek Batu, AKP H. Moh. Luthfi, S.H, M.Si. Kepada Malang News, ia mengaku merasa sangat kehilangan sosok Buher sapaan akrab Kapolres Batu tersebut.

“Beliau sosoknya berbeda sekali dengan kapolres sebelumnya. Pak Buher, begitu beliau biasa disapa, sosoknya sangat bijaksana sekali, rendah hati dan selalu baik kepada semua para anggota,” ungkap Moch. Luthfi, Kamis (12/9/19) saat ditemui di kantornya.

Kapolsek Batu berdarah Madura ini menambahkan, selain arif dan bijaksana, sosok mantan Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan itu juga selalu tegas saat dirinya memimpin.

“Ya, sosok beliau ini memang sangat tegas sekali dalam memimpin. Jika ada anggota yang melakukan kesalahan, Bapak Kapolres tidak serta merta memberikan hukuman. Namun, akan tetapi juga memberikan solusi kepada anggota yang melakukan kesalahan tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut Moch. Luthfi memaparkan, pernah suatu ketika pada saat menghadiri suatu acara, kapolres tidak pernah membeda-bedakan menu makanan kepada semua anggota.

“Jadi waktu itu kami (anggota) juga diajak untuk makan bersama. Beliau tidak membeda-bedakan. Artinya, menu apa pun itu kami semua diajak duduk dan makan bersama. Biasanya kan kalau pimpinan itu sendiri (menunya), anggota juga sendiri. Tapi kalau bapak tidak,” bebernya.

Hal yang paling berkesan, masih kata Moch. Luthfi, Kapolres Batu Batu itu juga selalu bertanggung jawab dalam mendelegasikan tugas-tugas kepada setiap anggotanya.

“Selain berdedikasi tinggi, Bapak Kapolres Batu memang selalu bertanggung jawab dalam mendelegasikan tugas kepada bawahannya,” urai dia.

Iapun juga berharap, agar Kapolres Batu tetap selalu rendah hati kepada semua anggotanya, ketika nantinya dipindah tugaskan sebagai Kapolres Kabupaten Blitar.

“Kami atas nama Kapolsek Batu beserta jajaran mengharapkan kepada Bapak Kapolres Batu, untuk tetap selalu ramah, bijaksana dan rendah hati kepada semua bawahan. Dan kami juga mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolres, semoga betah dan selalu sukses ditempat tugas barunya sebagai Kapolres Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo