Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Sosial Jawa Timur Park 1

Antusias. Karyawan beserta staf Jawa Timur Park 1 dan pengunjung, saat mendonorkan darahnya. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS
Peduli sesama. Karyawan beserta staf Jawa Timur Park 1 dan pengunjung, saat mendonorkan darahnya. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Jawa Timur Park 1 melalui Bagong Museum Tubuh menyelenggarakan kegiatan donor darah, pada Sabtu (20/7/19), yang bertempat di rest area depan pintu masuk Entrance Museum Tubuh, Jalan Kartika, No.2, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh manajemen Jawa Timur Park 1 selama tiga bulan sekali.

Menurut Sanita Retnowati (38), selaku Asisten Operasional Manager Museum Tubuh JTP 1, tema donor darah kali ini adalah “Gerakan Donor Darah Bagong Museum Tubuh” dengan slogan “Give Blood Save Life” di mana maknanya ialah dengan donor darah, kita dapat sedikit memberikan harapan besar dan membantu banyak orang yang membutuhkan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud bentuk kepedulian dari kami untuk membantu unit transfusi darah, yakni Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang. Selain dengan mendonorkan darah, kita juga ingin meningkatkan rasa kepedulian sosial dari karyawan maupun staf dan para wisatawan yang berkunjung, supaya lebih terdorong untuk berbagi dan membantu sesama,” kata Nita sapaan akrabnya.

Pantauan Malang News, beberapa pengunjung dan karyawan sangat antusias dengan kegiatan donor darah tersebut, bahkan dari sebagian telah memadati rest area Bagong Museum Tubuh sejak acara dimulai pukul 09.00 WIB untuk cek kesehatan terlebih dahulu.

Ibu dari satu anak ini juga menambahkan, proses registrasi bagi calon pendonor darah tidaklah rumit. Pendonor cukup mengisi formulir, kemudian mengecek kesehatan hingga selanjutnya siap untuk di donorkan darahnya.

“Pertama, kegiatan donor darah ini sangat berguna untuk kesehatan kita sendiri dan memberikan dampak positif bagi tubuh kita. Kedua, kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang sangat mulia karena dari mendonorkan darah, kita sudah bisa membantu banyak orang dan dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Jadi dengan mendonorkan darah kita sudah membuat banyak harapan untuk orang lain,” imbuh dia.

Sanita Retnowati, Asisten Operasional Manager Museum Tubuh JTP 1, usai diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan donor darah. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS
Sanita Retnowati, Asisten Operasional Manager Museum Tubuh JTP 1, usai diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan donor darah. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

Dijelaskan olehnya, bahwasanya kegiatan bhakti sosial donor darah ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial bagi sesama.

“Ya, kegiatan donor darah ini diikuti sekitar seratus orang, dan ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian kami bagi para staf dan karyawan, serta pengunjung Jawa Timur Park untuk membantu orang lain dalam bidang sosial,” terang dia.

Iapun berharap, bahwa kegiatan sosial donor darah yang diselenggarakan tersebut dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yang membutuhkan.

“Kami berharap, semoga dengan kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan kepedulian kita untuk dapat membantu orang lain,” pungkasnya.

Pewarta : Eko Sabdianto

Editor : Andi Rachmanto

Publisher : Andri Priyo Utomo