Desa Wisata Pujon Kidul, Jadi Deklarasi AKKOPSI 2019

AKKOPSI 2019 di gelar di Pujon Kidul
AKKOPSI 2019 di gelar di Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, yang dihadiri seluruh kepala desa. Foto: Ardianto Rakya/malangNEWS

MALANG NEWS – Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang terpilih menjadi Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) 2019. Pasalnya desa tersebut dinilai layak, terutama bagi kemajuan pariwisatanya di Kabupaten Malang.

Kegiatan acara deklarasi tersebut di buka oleh Plt. Bupati Malang, H.M. Sanusi.

Sanusi mengatakan, kehadiran para kepala daerah (wali kota/bupati) se-Indonesia di tempat acara Desa Wisata Pujon Kidul merupakan tiket gratis untuk mengenalkan keindahan alam Kabupaten Malang.

“Forum ini mengundang banyak orang, sehingga dari berbagai yang hadir merupakan promosi dan pengenalan terhadap pariwisata di Desa Pujon Kidul,” kata dia saat diwawancarai awak media, Kamis (8/8/19).

Ia menambahkan, menilik dari kesuksesan Pujon Kidul, Sanusi mendorong setiap kecamatan punya destinasi wisata tersendiri. Bahkan dia memprogramkan, “One Village One Product, One Village One Destination”.

“Ya, setiap kecamatan nantinya harus punya wisata andalan masing-masing yang berbeda baik karakteristik dan jenisnya,” terang Sanusi yang juga politisi PKB itu.

Untuk sanitasi sendiri, melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK).

Sanusi juga berharap, tempat-tempat wisata lainnya bisa terkelola dengan baik. Terutama saluran air, pengolahan limbah, maupun kotoran lainnya. Dengan begitu, tidak mencemari lingkungan.

“Kami akan ciptakan sanitasi yang mengarah pada kesehatan lingkungan dan masyarakat,” ujarnya.

Gerakan ini, lanjut Sanusi, termasuk dalam rangka gagasan Kabupaten Malang bebas ODF (one defecation free) atau buang air besar sembarangan.

“Dengan adanya deklarasi bebas ODF ini, nantinya semakin hari angka ODF juga otomatis makin terkurangi,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko menyampaikan, dengan di gelarnya kegiatan AKKOPSI tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat desa setempat.

“Suatu kebanggaan bagi saya dan masyarakat Pujon, untuk bisa menjadi tuan rumah AKKOPSI kali ini,” ungkapnya.

Udi juga berharap, agar kedepanya bakal menjadi lebih baik dan bisa bermanfaat bagi semua masyarakat, khususnya warga Pujon Kidul.

“Sebab ini semua juga berkat kerja keras dari seluruh elemen masyarakat Desa Pujon Kidul, dan semoga kedepannya dapat bermanfaat,” pungkas dia.

Pewarta: Ardianto Rakya

Editor: Eko Sabdianto

Publisher: Andri Priyo Utomo