Cukup Enam Hari, Pencuri Uang Ponpes Diglandang Polsek Singosari

MALANG-NEWS.COM – Hanya butuh waktu enam hari, pelaku pencurian uang Ponpes Al Islahiyah yang berlokasi di Jalan Kramat No. 46 Kel. Pagentan, Kecamatan Singosari akhirnya ditangkap.

Pelaku tidak lain Siska asal Dusun Pulo, RT 03 RW 01, Desa Selogabus, Kabupaten Tuban yang juga merupakan tempat ia ditangkap.

Perbuatan keji yang dilakukannya terbongkar setelah aksinya yang terekam CCTV itu viral, lalu para pengurus melaporkan ke pengelola Yayasan Pondok Islahiyah, dan melaporkan ke Polsek Singosari.

Sebelumnya, Pengurus Ponpes Al Islahiyah mengetahui ada pencurian setelah sepakat mendobrak rak lemari lalu melihat uang operasional itu raib.

Tak butuh waktu lama setelah Unit Reskrim yang dipimpin Iptu Supriyono, SH melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut, akhirnya pelaku langsung teridentifikasi dan ditangkap di kediamannya.

Ketika diringkus Unit Reskrim, Siska tak bisa mengelak, lantaran dari hasil penggeledahan petugas berhasil dapati berbagai macam barang bukti.

BB nya selain Uang tunai sebesar Rp 146.050.000, juga terdapat tiga buah hasil print pembelian barang yang diduga dari hasil kejahatan, satu unit sepeda motor Honda type warna silver No. Pol. S 4683 HX, Kartu ATM BCA.

Kemudian petugas juga mengamankan sebuah tas warna coklat, sebuah tas warna hitam, sebuah masker warna hijau dan barang butki lainnya yang diduga digunakan pelaku saat membawa kabur uang Ponpes.

Keberhasilan dalam pengungkapan pelaku tersebutpun dibenarkan Kanit Reskrim Poksek Singosari, Iptu Supriyono, SH saat menyampaikan bahwa petugas berhasil menjemput paksa dari Tuban ke Singosari.

“Pelaku beserta barang bukti berhasil kita amankan setelah proses penyelidikan pasca mendapati laporan dari pengurus Ponpes,” kata Kanit Reskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono, SH.

Sementara itu, Kapolsek Singosari Kompol Untung Bagyo, SH menambahkan, bahwa keberhasilan itu tidak lepas dari kejelian dan kesigapan Unit Reskrim Polsek Singosari.

“Pelaku yang diduga telah melakukan tindak pidana “Pencurian” sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 362 KUHP itu berkat kejelian dan kesigapan Unit Reskrim Polsek Singosari dalam menjalankan tugasnya,” kata Kompol Untung. (Mad/Sac).