Cegah Korupsi, KPK Gelar Roadshow Kunjungi Kota Batu

Penasehat KPK Suwarno Sutikno, didampingi Kabag Humas Pemkot Batu Suliyanah, S.Sos, saat Konferensi Pers
Penasehat KPK Suwarno Sutikno, didampingi Kabag Humas Pemkot Batu Suliyanah, S.Sos, saat gelar Konferensi Pers di depan Lobby Balaikota Among Tani, Pemkot Batu. Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS

MALANG NEWS – Setelah sebelumnya di Kota Malang, kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan roadshow ke Kota Batu. Roadshow KPK ini digelar selama dua hari di Kota Batu, yakni mulai Selasa (10/9/19) hingga Rabu (11/9/19).

Kunjungan KPK ini bertempat di Balaikota Among Tani, Pemkot Batu, Jalan Panglima Sudirman, No.507, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, dengan mengusung tema “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi”.

KPK menyambangi setidaknya 28 kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali.

Kota Batu menjadi salah satu kota yang dijadikan tujuan roadshow KPK, dan menjadi kota ke 22 dalam roadshow bus KPK tersebut.

Roadshow yang dikemas dengan beragam kegiatan ini, diharapkan mampu menekan dan mencegah korupsi di berbagai bidang, baik di dalam instansi pemerintahan maupun instansi BUMN lainnya.

Roadshow yang menggunakan sarana bus ini juga menyimbolkan, bahwasanya KPK tidak hanya melakukan penindakan, akan tetapi juga difokuskan lebih kepada pencegahan dan sebagai sarana edukasi tentang korupsi.

Di dalam bus, tidak ada deretan kursi seperti lazimnya bus pada angkutan umum. Melainkan, hanya terdapat kabin kemudi disisi depan dan beberapa meja komputer yang menjadi sarana KPK untuk mengenalkan berbagai produk antikorupsi, seperti aplikasi JAGA, e-LHKPN, dan Gratifikasi Online (GOL).

Menurut penasehat KPK, Sarwono Sutikno, kegiatan (roadshow) tersebut dilakukan untuk menumbuhkan budaya antikorupsi di kalangan masyarakat.

“Kegiatan roadshow Bus KPK ini bertujuan untuk mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, terutama di kota-kota yang dilewati langsung Bus KPK, agar berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi dan pendidikan antikorupsi,” katanya, melalui konferensi pers di depan lobby Balaikota Among Tani, Pemkot Batu, Selasa (10/9/19).

Suwarno yang juga dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga menuturkan, KPK akan berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui berbagai program pencegahan korupsi, baik untuk pelajar, mahasiswa, legislatif, eksekutif, kepala daerah, kepala dinas, hingga masyarakat umum lainnya.

“Ya, kegiatan juga dirancang untuk membangun semangat dan budaya antikorupsi di masyarakat, sekaligus juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan program-program antikorupsi KPK kepada masyarakat luas, termasuk juga kepada para kepala daerah, pejabat maupun kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Batu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suwarno menambahkan, beragam pilihan kegiatan ditawarkan untuk mempererat keterlibatan masyarakat secara aktif, sehingga dapat merasakan kehadiran KPK secara langsung di tengah-tengah masyarakat,” imbuh dia.

Ke depan, penasehat KPK ini juga berharap, bahwa kegiatan roadshow ini dapat menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. Sehingga, dapat lebih banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat, demi mewujudkan Indonesia bebas dari korupsi.

“Dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan komunitas dan perguruan tinggi setempat yang dilibatkan sebagai fasilitator selama kegiatan, termasuk juga kepada instansi di Pemerintahan Kota Batu ini,” pungkasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto

Editor: Andi Rachmanto

Publisher: Andri Priyo Utomo